Monday, April 29, 2013

Yaxchilan, Bangunan Paling Misterius di Dunia


Chiapas - Bangunan milik Suku Maya memang menyimpan banyak misteri, salah satunya adalah Yaxchilan di Meksiko. Datang ke sini, traveler bisa melihat sebuah bangunan dari batu kapur yang diisi dengan labirin-labirin.

Kalau selama ini Anda tahu peninggalan Suku Maya adalah piramida di Tikal, Guatemala, ternyata masih ada lagi. Peninggalan suku ini masih ada di Yaxchilan, Chiapas, Meksiko.

Dilansir dari Travel and Leisure, Senin (29/4/2013), bangunan kuno dekat Sungai Usumacinta adalah salah satu bangunan yang paling misterius di dunia. Betapa tidak, Yaxchilan yang berada dekat perbatasan Meksiko dengan Guatemala ini, dipercaya sudah ada sejak abad ke 5.

Untuk mencapainya, turis bisa menggunakan kapal yang berlayar di Sungai Usumacinta. Begitu tiba di sana, yang bisa Anda lihat adalah sebuah kemegahan bangunan milik Suku Maya ini.

Ada sekitar 130 lebih monumen batu di dalamnya. Beberapa di antara monumen tersebut termasuk gerbang yang penuh dengan ukiran. Jika diamati, ukiran ini menggambarkan kehidupan kerajaan pada masa itu. Melihatnya, Anda pasti yakin kalau ukiran tersebut salah satu arsitektur paling keren dari Suku Maya.

Hal pertama yang turis lihat begitu tiba di Yaxchilan adalah sebuah lorong gelap yang dikenal dengan istilah 'The Labyrinth'. Labirin ini akan menuntun Anda mencapai ruang utama.

Yaxchilan terdiri dari tiga komplek utama, yaitu Acropolis Tengah, Acropolis Selatan, dan Acropolis Barat. Bagian utama dari situs ini adalah Acropolis Tengah yang menghadap alun-alun utama.

Acropolis tengah diisi oleh beberapa bangunan cantik, seperti Temple 23, Temple 12, dan tangga dengan ukiran huruf hieroglif. Menurut arkeolog, penggalian di Temple 23 berhasil menemukan beberapa benda kuno.

Salah satu benda kuno yang berhasil ditemukan adalah pisau yang bertorehkan nama Lady Xook. Menurut arkeolog, pisau ini menunjukkan kemungkinan tentang peristiwa penguburan seorang ratu.

Jadi, sudah siapkah Anda bertualang ke Yaxchilan?

0 komentar:

Post a Comment