Friday, March 1, 2013

'Permadani Hijau' Desa di Lereng Gunung Slamet


detikTravel Community - 

Desa Dukuh Pereng di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, punya panorama indah bak permadani hijau. Sawah yang berundak dan perbukitan yang menjulang menyatu dengan hawa nan sejuk khas lereng Gunung Slamet.

Dukuh Pereng adalah desa yang berlokasi di sebelah barat Gunung Slamet, tepatnya di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jaraknya tak jauh dari kampung halaman saya yakni di Galuhtimur, Tonjong, sekitar 15 Km dengan jalan tanjakan berkelok-kelok.

Alih-alih menggunakan mobil, saya memilih untuk meminjam motor milik keponakan. Berbonceng dengan istri, menyusuri jalan Kaligadung-Benda-Sirampog. Usai melewati Desa Benda, jalanan mulai menanjak dan berbelok tajam. Dari atas Desa Kaliloka pemandangan alam tampak memukau dengan hamparan sawah yang hijau. Langit di atas perbukitan Brebes selatan, antara Bumiayu-Salem tampak membiru.

Menuju Dukuh Pereng harus melalui jalan berbatu sekitar 1 Km, melewati turunan terjal. Kami harus ekstra hati-hati karena banyak permukaan jalan didominasi batu-batu tajam. Tiba di Dukuh Pereng, kami langsung disambut semilir angin pegunungan. Sejuknya menyapu wajah.

Mata pun enggan berkedip melihat panorama alam pegunungan, sawah dan ladang yang menandakan suburnya tanah Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment