Thursday, January 17, 2013

Ini Dia 5 Jenis Sakit Perjalanan dan Cara Mengatasinya


Jakarta - Saat liburan, beberapa akomodasi bisa membuat 'mabuk' seperti saat naik kapal atau pesawat. Sebenarnya, ada berapa jenis sakit perjalanan dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia jawabannya.

Seorang koki dan manager makanan di Singapore Airlines bernama Hermann Freidanck mengungkap makanan yang ampuh untuk melawan mabuk perjalanan. Diintip dari News Australia, Kamis (17/1/2013) inilah ragam sakit perjalanan dan cara mengatasinya:

1. Jet lag

Naik pesawat dengan jarak terlalu jauh dan jangka waktu yang terlalu lama membuat tubuh kehilangan keseimbangan sistem. Gejala ini disebut sebagai jet lag. Beberapa efek jet lag antara lain tidak bisa tidur, pusing, dan tidak fit.

Jangan kuatir, Hermann punya cara menghindari jet lag. Pilihlah menu berprotein dan jangan makan terlalu kenyang. Anda bisa mengkonsumsi telur saat sarapan.

Di pesawat, Anda bisa memilih menu dengan ayam, tuna, atau ikan yang berwarna terang. Protein bisa membantu Anda menjaga tenaga di dalam tubuh yang berguna untuk menyesuaikan perbedaan waktu di tempat tujuan.

2. Mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya bisa jadi karena tidak terbiasa berada lama di mobil, pesawat, kereta atau kapal. Biasanya penderita mabuk perjalanan merasa mual, pusing dan tidak nyaman.

Bagaimana menanggulanginya? Konsumsi jahe. Jahe jadi salah satu makanan yang paling ampuh untuk melawan mabuk perjalanan. Anda bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat atau permen jahe jika sedang merasa mabuk saat di perjalanan.

3. Gangguan pencernaan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan lokal yang asing di perut Anda bisa berakibat pada gangguan pencernaan. Gangguan ini bisa berupa sakit perut, mual, diare dan sejenisnya. Jangan sampai sakit ini malah mengganggu liburan Anda.

Jika perut sudah tidak terasa enak, segera konsumsi kentang, kunyit, nanas dan ikan. Kunyit ternyata memiliki kemampuan yang ampuh untuk menyembuhkan masalah pencernaan.

Begitu juga dengan nanas, buah ini memiliki kandungan enzim yang bernama bromelain yang bisa membantu menghancurkan makanan yang ada di dalam tubuh. Ikan memiliki tekstur daging yang lembut sehingga bisa lebih mudah dicerna dibanding daging yang lain.

4. Rasa was-was

Cemas dan was-was saat naik pesawat adalah suatu hal yang dianggap wajar. Ketakutan akan kecelakaan mungkin saja dialami beberapa traveler. Daripada mengkonsumsi obat penenang, lebih baik mengkonsumsi beberapa makanan lebih sehat.

Anda bisa memakan batang seledri atau meminum air putih. Jika selalu merasa cemas saat naik pesawat, ada baiknya Anda membawa batang seledri untuk dikonsumsi beberapa jam sebelum naik pesawat. Kandungan vitamin B yang ada di batang seledri bisa membantu menghilangkan stress dan tegang yang Anda alami.

5. Lelah

Seringkali traveler merasa terlalu lelah karena sudah berkelana seharian. Yang Anda inginkan setelah itu hanyalah istirahat panjang agar bisa membuat tubuh kembali bugar di keesokan harinya. Namun, terlalu lelah malah membuat Anda sulit tidur.

Jika sudah begitu, pilihlah makanan yang mengandung cabai, atau daging yang disajikan dengan sayuran dan buah. Protein bisa membantu mengembalikan tenaga Anda. Sedangkan buah dan sayuran yang disajikan dengan daging memiliki jumlah protein yang sangat besar. Cabai juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

0 komentar:

Post a Comment