Thursday, January 17, 2013

Ini Dia Tren Wisata 2013 di 5 Benua


Jakarta - Bakal seperti apa sih tren wisata dan liburan di dunia pada 2013. Rupanya, setiap benua punya prediksi yang berbeda-beda. Apa yang akan tren di Eropa, belum tentu menjadi tren di Asia. Ayo disimak!

World Travel Market, sebagai firma riset pasar wisata sudah mengeluarkan laporan mengenai bagaimana situasi politik, ekonomi, sosial nasional, regional dan global menentukan tren wisata di lima benua. Seperti dilansir International Business Times, detikTravel, Kamis (17/1/2013) menghimpun aneka tren tersebut:

1. Amerika: Tergoda negeri yang terlupakan

Di Benua Amerika, para wisatawan mulai kepincut dengan negara yang selama ini terlarang untuk dimasuki. Mereka ingin berwisata ke Myanmar, Korea Utara, Kuba dan Libya.

Kebanyakan wisatawan AS yang tertarik datang ke negara-negara itu adalah generasi Baby Boom alias yang lahir pada dekade 1970-1980-an. Mereka adalah traveler dewasa dan aktif.

"Turis AS yang akan ke Myanmar akan meningkat 71 persen pada 2016," kata kepala riset pariwisata dan travel Euromonitor, Caroline Bremmer.

2. Eropa: Belanjanya turis dari BRIC

BRIC, alias Brazil, Rusia, India, China adalah negara kekuatan ekonomi baru. Artinya warga negara mereka sekarang sudah punya uang banyak dan sedang senang-senangnya berwisata. Mereka ini pergi ke Benua Eropa pada tahun 2013 ini.

Mereka akan berwisata belanja. Turis dari negara BRIC senang belanja barang bermerek di Eropa, karena pajak barang impor di negara asal mereka tinggi. Paris menjadi kota tujuan utama untuk berlibur. Setelah itu ada London, Frankfurt, Milan dan Madrid.

3. Timur Tengah: Kebangkitan hotel belanja

Sementara, tidak ada yang khusus Benua Australia. Namun dari Bahrain sampai Saudi Arabia, para turis yang gila belanja kini mencari hotel-hotel di Timur Tengah yang dibangun di dalam mal. Megamal menjadi sangat booming di UEA, Libanon, Mesir dan Qatar. Usai konflik politik di kawasan Timur Tengah pada 2011, hotel menjadi kunci untuk memulihkan kunjungan wisata di kawasan ini.

Dalam kondisi pertumbuhan ekonomi yang lambat saja, Dubai Shopping Festival menarik 3,5 juta wisatawan tahun lalu dan 90 persen hotel penuh. Angka ini akan terus tumbuh sampai 10 tahun mendatang.

4. Afrika: Pesona Nollywood

Kejutan! Nigeria memproduksi film lebih banyak dari negara lain, kecuali melawan Bollywood India. Dalam dua dekade, industri film Nigeria akhirnya menjadi tren untuk menarik wisatawan dari seluruh Afrika datang ke negara itu. Tempat rekreasi dan hotel-hotel dibuka di Lagos seperti Radisson Blu, Four Points by Sheraton, Ibis dan Legacy. Hilton, Accor dan Intercontinental juga akan membuka hotel di Lagos.

5. Asia: Produsen mobil membangun hotel

Tonino Lamborghini akan membuka 40 hotel mewah di Asia pada tahun depan. Produsen mobil lain dipastikan akan meniru cara ini. Sementara Vietnam akan memimpin tingkat pertumbuhan hotel dengan angka 15 persen sampai 2016. Jadi kalau nanti berlibur ke Vietnam atau China, jangan kaget kalau nanti melihat hotel, resor atau spa milik Porsche, Bentley, bahkan Ferrari.

6. Global: Digital detox

Cukup sudah dominasi gadget dan teknologi dalam hidup kita. Tahun 2013, banyak turis di seluruh dunia merindukan tahun 1990-an, dimana ponsel belum ada apa-apanya. Pada tahun 2013, akan ada banyak paket liburan bebas alat teknologi komunikasi, gadget dan lain sebagainya.

Digital detox, itulah istilahnya. Saatnya liburan untuk rileks dan memulihkan tubuh dari 'racun-racun' gaya hidup yang sedikit-sedikit update status, buka laptop, mention tweet atau SMS sana-sini dan kebiasaan lain gara-gara teknologi.

0 komentar:

Post a Comment