Wednesday, March 13, 2013

Keren! Surabaya Punya Patung Buddha 4 Wajah


Surabaya - Di Surabaya terdapat patung Buddha 4 wajah dan memiliki 8 tangan. Patungnya pun mirip dengan patung serupa di Bangkok, Thailand. Mungkin, tak banyak patung seperti ini di Indonesia. Seperti apa ya rupanya?

Beberapa patung Buddha menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler. Indonesia punya empat patung Buddha tidur yang terkenal, yaitu di Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Vihara Dhammadipa Arama di Malang, Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong di Semarang, dan Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Bogor.

Rupanya ada satu patung Buddha yang tersohor dan terkenal di Surabaya, Jawa Timur. Bedanya, patung Buddha tersebut memiliki 4 wajah dan 8 tangan. Keren!

Letak patung Buddha ini berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, jaraknya hanya sekitar 9 km dari Kota Surabaya. Patung Buddha ini sangat mudah ditemukan karena bangunannya yang tinggi dan dekat dengan Kelenteng Sanggar Agung. detikTravel berkesempatan melihat patung Buddha 4 wajah ini beberapa waktu lalu.

Patung Buddha ini berwarna emas. Total tingginya sekitar 36 meter dengan digabungkan tinggi sampai puncak kubahnya. Patung Buddha 4 wajah diresmikan pada November 2004 silam.

4 Wajah patung Budhha ini melambangkan sifat kebaikan sang Buddha, yaitu murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. 8 Tangannya melambangkan kekuatan Buddha dan memegang benda-benda yang berbeda. Ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram, cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Satu tangan kanannya pun memegang dada.

Ukuran-ukuran patungnya mengandung angka 9, seperti panjang sisi alasnya dan tinggi patung Buddha. Angka 9 tersebut merupakan angka tunggal tertinggi, sekaligus sebagai lambang kesempurnaan.

Suasana yang asri akan menemani Anda saat melihat patung Buddha 4 wajah dari dekat. Di sekitarnya, terdapat taman-taman yang dipenuhi pepohonan yang rindang. Selain itu, ada juga patung gajah dan ruang meditasi di sekitar patung ini yang dapat digunakan untuk beribadah.

Tahukah Anda, ternyata patung Budha 4 wajah di Surabaya mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau disebut Tao Maha Phrom di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. Tak heran, beberapa umat Buddha sering berdoa di dekat patung ini.

Wisatawan dapat melihat patung ini dari dekat. Anda diperbolehkan memotretnya atau berpose dengan patung Buddha 4 wajah sebagai latarnya. Ingat, jaga perilaku Anda dan hormati umat Buddha yang sedang beribadah di sekitarnya. Yuk, jalan-jalan ke Surabaya!


0 komentar:

Post a Comment