Wednesday, January 9, 2013

Menjelajah Angkor Wat ala Angelina Jolie


detikTravel Community - 

Berkunjung ke Siem Reap, Kamboja menu utamanya tentu adalah berwisata ke Angkor Wat, candi yang namanya mendunia setelah dijejaki Angelina Jolie di film "Tomb Rider". Rasakan kemegahan masa lalu di antara bebatuan Angkor Wat.

Berkunjung ke Siem Reap, Kamboja menu utamanya tentu adalah berwisata ke Angkor Wat, candi yang namanya semakin mendunia setelah dijejaki Angelina Jolie di film "Tomb Rider". Dibangun selama kurang lebih 30 tahun lamanya di era Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Angkor Wat juga termasuk dalam daftar situs UNESCO World Heritage.

Mengunjungi Angkor Wat dari Siem Reap sangatlah mudah. Kompleks candi ini letaknya hanya sekitar 15 menit naik kendaraan bermotor (5.5 km utara Kota Siem Reap). Kita bisa memilih ikut tour atau menyewa Tuk Tuk (semacam bajaj) untuk berkeliling sendiri. Untuk tur bahkan ada beberapa guide yang sudah memiliki Facebook sendiri. Lebih enaknya memang melihat dulu ke halaman Facebook mereka dan membaca komentar serta rekomendasi dari wisatawan yang pernah memakai jasa mereka.

Tapi Anda juga bisa mencari sendiri sambil berkeliling Kota Siem Reap dan melihat-lihat agen travel yang menawarkan jasanya. Dari pengalaman, bisa jadi ada agen travel yang memberikan harga lebih tinggi dari yang lainnya. Jika memang demikian, harus ditanyakan apakah harga tersebut sudah termasuk tiket untuk masuk ke kawasan Angkor Wat, di mana perorang akan dikenakan biaya masuk sebesar US$ 20 atau Rp 90 ribu.

Bisa jadi di satu tempat Anda ditawarkan tour seharga US$ 50 atau Rp 225 ribu (tanpa tiket masuk) dan di tempat lain seharga US$ 70 atau Rp 315 ribu tapi sudah termasuk tiket untuk masuk ke kawasan candi ini.

Anda juga biasanya akan ditawari apakah ingin mengikuti sunrise tour, di mana pada pagi harinya Anda akan dijemput untuk melihat matahari terbit. Untuk sunrise tour akan ada tambahan biaya US$ 5 per orang. Jika mengikuti sunrise tour, Anda akan dijemput sekitar jam 5 pagi dari hotel.

Sesampai di gerbang masuk kawasan Angkor Wat, jika belum membeli tiket, di loket pembelian kita juga akan difoto. Kemudian foto tersebut langsung dicetak di karcis (ID card) yang harus kita tunjukkan ketika memasuki masing-masing kompleks candi yang letaknya memang tersebar.

Alternatif lain untuk berwisata ke sini selain ikut private tour adalah dengan menyewa Tuk Tuk. Caranya mudah, tinggal bernegosiasi dengan pengendara Tuk Tuk untuk dijemput di hotel Anda. Biasanya, biaya sewa sehari untuk keliling Angkor Wat adalah sekitar US$ 15-20 (Rp 67 ribu- Rp 90 ribu).

Jika Anda memilih untuk naik Tuk Tuk, nanti bisa juga menyewa jasa pemandu wisata resmi yang menunggu di dekat loket pintu masuk kawasan candi, karena pengendara Tuk Tuk tidak diijinkan untuk memberikan guided tour. Kalau pergi beramai-ramai, ini bisa jadi pilihan yang lebih murah.

Untuk mengelilingi kompleks candi yang luasnya ratusan kilometer persegi ini tentu bisa memakan waktu seharian penuh. Tapi biasanya candi-candi yang dikunjungi wisatawan adalah yang memiliki relief-relief menarik. Pertama Anda bisa berkeliling menjelajahi bangunan utama Angkor Wat, kemudian menuju candi Ta Prohm dan juga Bayon.

Ta Prohm inilah yang dipilih sebagai lokasi shooting film Hollywood "Lara Croft: Tomb Rider" yang diputar pada tahun 2001. Dengan satu adegan di mana Angelina Jolie ber-tank top dan hot pants hitam memegang 2 pistol beraksi di salah satu sudut candi. Film ini tentunya telah memberikan inspirasi kepada jutaan wisatawan untuk datang berbondong-bondong ke Angkor Wat dan menjadikan candi Ta Prohm sebagai lokasi wajib untuk mengabil foto.

Satu candi lagi yang sangat menarik adalah Bayon Temple. Candi ini penuh dengan pahatan wajah dari Bodhisattva Avilokiteshvara. Total ada 54 candi berbentuk kepala yang memiliki empat sisi wajah. Angka 54 ini melambangkan daerah yang dikuasai oleh Khmer dan empat sisi wajah melambangkan empat arah mata angin, yang berarti mengawasi segala penjuru arah.

Di kawasan candi Bayon Anda juga bisa berfoto dengan penari-penari yang memakai baju tradisional Kamboja, hanya dengan memberikan sumbangan beberapa dollar. Tentu akan menjadi kenangan tersendiri yang menyemarakkan album foto Anda.

Jika merasa kurang puas menjelajahi kawasan Angkor Wat hanya dalam satu hari, berarti suatu saat nanti Anda harus kembali untuk menikmati kemegahannya lagi. Bagi pecinta fotografi tentunya ribuan angle dapat diabadikan, jadi jangan lupa untuk siapkan kamera Anda!

0 komentar:

Post a Comment