Tuesday, April 2, 2013

Ada Cincin Terkutuk di Pameran Inggris


Hampshire - Pameran di Inggris memiliki koleksi tidak biasa, yang berasal dari masa lalu. Sebuah cincin emas dari peradaban Roma kuno bukan sekadar benda. Disebut-sebut, cincin ini terkutuk.

British National Trust dan Tolkien Society memamerkan artefak dari Roma kuno di pameran yang digelar di Mansion The Vyne, Hampshire, Inggris. Dari news.com.au, Rabu (3/4/2013), cincin terkutuk itu berukuran lebih besar dari cincin kebanyakan dan berwarna emas.

Di lingkaran cincinnya bertuliskan kalimat yang jika diartikan dalam bahasa latin berarti, 'Senicianus hidup bahagia bersama Tuhan'. Terdapat gambar Dewi Venus di bagian tengah cincin. Berat cincin sekitar 12 gram dan diperkirakan berasal dari abad ke-4.

Yang membuatnya terkutuk, karena cincin ini dipercaya berhubungan dengan artefak yang ditemukan di Kuil Roma. Tablet tersebut bertuliskan permohonan bantuan kepada Dewa Nodens di Gloucestershire, barat Inggris.

Isinya adalah, pria bernama Silvianus telah menghilangkan cincin. Sang penulis artefak tersebut meminta Nodens untuk mengutuk Silvianus dengan penyakit, sampai ia mengembalikan cincin tersebut ke kuil.

Cincin ini disebut-sebut yang menjadi inspirasi JRR Tolkiens, sang penulis buku Lord of the Ring, The Hobbit, sekaligus profesor Anglo-Saxon di Oxford University. Tolkiens memang beberapa kali mendatangi kuil Roma yang dipercaya tempat asal cincin terkutuk tersebut, sebelum akhirnya menulis buku The Hobbit.

Para pecinta sejarah, buku Tolkiens, ataupun yang sekadar penasaran bisa mendatangi The Vyne saat sedang liburan di Inggris. Lihat sendiri bagaimana penampakan cincin yang konon terkutuk tersebut.

0 komentar:

Post a Comment