Monday, April 15, 2013

54,5 Persen Penumpang Pesawat Perhatikan Petunjuk Keselamatan


Jakarta - Kecelakaan Lion Air, mengingatkan traveler betapa pentingnya demo keselamatan dari pramugari dan petunjuk keselamatan yang ada di bangku pesawat. Untungnya, 54,5 persen penumpang memperhatikan dua hal tersebut.

Sabtu (13/4) lalu pesawat Lion Air tujuan Bandung-Denpasar mengalami kecelakaan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Alhasil, pesawat terpaksa mendarat di air. Sebanyak 101 orang di dalam pesawat tersebut selamat.

Namun, 56 orang sempat dirawat dan 5 di antaranya masih berada di rumah sakit sampai hari ini. Melihat dari kejadian ini, apakah traveler memperhatikan demo keselamatan dari pramugari dan petunjuk keselamatan yang ada di kursi penumpang?

Dari survei yang dilakukan detikTravel melalui twitter, Senin (15/4/2013), sebanyak 54,5 persen responden memperhatikan dua petunjuk keselamatan tersebut. Mereka juga sadar akan manfaat demo dan petunjuk keselamatan di atas pesawat.

"#detikTravel so pasti! Terlebih jika duduk di Emergency Exit harus benar2 memperhatikan," tulis pemilik akun Twitter @yogaerlambang95.

Selain itu, ada juga akun twitter @xaxiba yang menuliskan, "sy perhatian semua tapi sy jga tetep mastiin apakah di bawah kursi duduk sy benar2 ada jaket pelampung apa tidak #detikTravel."

Atau pemilik akun @sherry_4jie yang merespon dengan jawaban, "Dibaca dan diperhatiin sih soalnya takut tiba2 kalo kenapa2 bisa kelabakan nanti.. :D @detikTravel #detikTravel."

Tapi ternyata, masih ada 21,4 persen responden yang tidak memperhatikan demo dan petunjuk keselamatan di pesawat. Selain itu, 14,3 responden menjawab kadang-kadang. Alasan penumpang tidak memperhatikan demo dan petunjuk keselamatan dikarenakan bosan dan sudah hafal.

"#detikTravel nggak, udah apal si :p," kicau pemilik akun twitter @DjarzMuhamad.

Pemilik akun twitter @ullyrewD, Rully Eka Wulandari mengatakan hanya melihat kartu petunjuk keselamatan kalau pergi sendirian. "#detikTravel kalau berangkat sendirian, pasti ngeliat lembar petunjuk keselamatan, biar ga terlalu boring, kalau berdua sih ga dulu deh :D," kata dia.

Bahkan beberapa traveler akan memerhatikan demo dan petunjuk keselamatan jika ada hal menarik. "#detikTravel Memperhatikan pramugarinya," kata @achmadlutfi_b

Ada juga komentar yang lain. "Iya dong, kl naik GA umumnya liat animasinya aja," kata @lifyoung.

Meski informasi dalam demo keselamatan atau petunjuk keselamatan yang ada di bangku pesawat sering diulang-ulang, penumpang tetap harus memerhatikannya. Tentunya, hal ini akan sangat berguna untuk keselamatan penumpang, terutama yang berada dekat dengan pintu darurat.

0 komentar:

Post a Comment