Monday, April 15, 2013

Awak Kabin, Sang Penyelamat Penumpang di Pesawat


Jakarta - Saat evakuasi para penumpang pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Bandara Ngurah Rai, pramugari berperan penting. Awak kabin adalah penyelamat Anda ketika pesawat dalam kondisi darurat.

Jika pilot tugasnya adalah mengendalikan pesawat agar berjalan lancar, maka awak kabin memiliki tugas untuk membuat penumpang nyaman selama perjalanan. Keselamatan penumpang, juga menjadi tanggung jawab dari awak kabin. Awak kabin biasa dikenal sebagai pramugari atau pramugara.

"Awak kabin itu bertanggung jawab pada keselamatan penumpang," tutur pengamat penerbangan Alvin Lie, kepada detikTravel, Senin (15/4/2013).

Alvin mengungkapkan, awak kabin tidak hanya bertugas untuk melayani. Mereka juga harus siap mengevakuasi penumpang dari dalam pesawat jika pesawat dalam kondisi darurat. Satu awak kabin, bertanggung jawab untuk 50 orang!

"Setiap 50 penumpang harus ada satu awak kabin. Jadi satu awak kabin bertanggung jawab terhadap 50 orang. Boleh kurang dari 50 orang, tapi tidak boleh lebih," ungkap Alvin.

Saat terjadi kondisi darurat dan pesawat harus mendarat, awak kabin harus siaga. Mereka harus menenangkan penumpang dan dengan sigap mengevakuasi penumpang keluar dari pesawat.

"Begitu pesawat turun dan kemudian berhenti, mereka harus siaga membuka pintu dan jendela darurat," ungkap Alvin.

Oleh sebab itu, peran awak kabin sangatlah penting untuk keselamatan Anda selama penerbangan. Mereka akan menjadi jembatan antara pilot dan penumpang, untuk memberitahu kondisi pesawat selama penerbangan.

0 komentar:

Post a Comment