Friday, March 29, 2013

Libur Panjang, Tiket Kereta Api Jarak Jauh Laris Manis


Jakarta - Libur panjang pekan ini mempengaruhi lonjakan penumpang kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) merilis, terjadi lonjakan penumpang terjadi mulai Kamis kemarin hingga Jumat, hari ini.

Akibat lonjakan ini, tiket penumpang ekonomi, bisnis dan eksekutif untuk keberangkatan Jakarta tujuan kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta telah terisi 100% atau tiket habis terjual.

"Semua kelas rata-rata full. Maka kita menambah kereta dari hari biasa. Normalnya 6 kereta dalam 1 rangkaian jadi 7 atau tambah 1 kereta," tutur Kepala Humas KAI Mateta Rijalulhaq kepada detikTravel, Jumat (29/3/2013).

Menghadapi kondisi itu, KAI melakukan penambahan jumlah kereta dalam rangkaian. Penambahan ini, dilakukan untuk rute jarak menengah yang bisa ditempuh dengan waktu 3 hingga 4 jam seperti Jakarta-Cirebon.

"Kalau jarak jauh dimaksimalkan saja rangkaiannya," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Mateta menjelaskan, arus balik penumpang akan terjadi pada hari Minggu ini. Untuk masa libur ini, dari pantauan detikTravel di situs pemesan tiket milik kereta api, tampak kereta eksekutif keberangkatan Jakarta Stasiun Gambir tujuan Purwokerto, Yogyakarta, dan Madiun telah habis dijual.

Terlihat juga, adanya kenaikan harga tiket penumpang. Seperti kereta api Gajayana tujuan Jakarta-Madiun, hari normal harga tiket biasa dibanderol Rp 400.000 per penumpang, pada musim liburan kali ini, dijual dengan harga Rp 450.000 per penumpang.

0 komentar:

Post a Comment