Wednesday, April 3, 2013

Trekking Bareng Keluarga ke Ranu Kumbolo, Kenapa Tidak?


detikTravel Community - 

Jika Anda suka bertualang dan ingin mendapat pengalaman berbeda, cobalah trekking bersama keluarga. Apalagi, jika Anda sekeluarga trekking ke Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Pasti akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 15 hektar. Lokasinya berada pada ketinggian 2.400 mdpl di lereng Gunung Semeru, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pintu masuk menuju Danau Ranu Kumbolo adalah Desa Ranu Pani di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang. Untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Ranu Pani, pendaki perlu mengurus administrasi di Kantor Taman Nasional yang berada di pintu masuk pendakian. Anda harus menunjukkan kartu identitas diri dan surat keterangan sehat dari dokter.

Di pintu masuk pendakian, terdapat beberapa penduduk Ranu Pani yang menawarkan jasa porter dan siap membantu membawa barang bawaan. Mereka pun juga bisa menjadi penunjuk jalan.

Trek menuju Danau Ranu Kumbolo berupa jalan setapak, dikelilingi hutan khas tropis yang hijau nan teduh. Setelah berjalan menyusuri jalur tersebut selama kurang lebih 3 jam, terdapat sebuah ceruk raksasa dengan air berwarna bening kebiruan di dalamnya. Itulah Danau Ranu Kumbolo!

Sesampainya di Ranu Kumbolo, tenda dapat di dirikan di pinggir danau untuk bermalam. Tersedia banyak ranting pohon di sekitar danau untuk bahan membuat api unggun di malam hari.

Memasak dan makan bersama keluarga di tenda dalam suasana yang dingin ala gunung adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi disertai dengan minuman Coklat panas, kopi atau jahe. Membawa jaket dan kantung tidur adalah hal yang sangat disarankan jika bermalam di Ranu Kumbolo.

Di pagi hari saat matahari terbit, adalah momen yang sangat di tunggu dan spesial di Danau Ranu Kumbolo. Matahari terbit dan muncul di sela-sela dua bukit di atas danau, mirip pemandangan yang kita gambar di buku waktu kecil dulu!

Sebuah cermin raksasa memantulkan pemandangan yang berada di atasnya, sebuah lukisan alam yang luar biasa. Kita dapat mengabadikan momen spesial tersebut dengan menggunakan kamera sebagai kenang-kenangan.

Sungguh, trekking dan menikmati pemandangan alam di Danau Ranu Kumbolo sangat mengasyikkan dan merupakan pengalaman yang luar biasa. Apalagi kalau Anda melakukannya bersama keluarga, cobalah!

0 komentar:

Post a Comment