Friday, March 8, 2013

Polandia Punya 'Kota Mati' di Bawah Tanah!


Wieliczka - Selama 700 tahun, para penambang garam di Polandia punya tradisi memahat bebatuan garam menjadi karya seni raksasa. Dari katedral sampai relief-relief indah tersimpan di perut tambang garam membuatnya seperti 'kota mati'.

Adalah Wieliczka Salt Mine, komplek penambangan garam yang berlokasi di wilayah selatan Polandia. Dibangun pada awal ke-13, ini adalah tambang garam tertua sekaligus terbesar di dunia.

Para penambang tak hanya melakukan tugas utamanya yakni menambang garam. Mereka membuat sebuah tradisi memahat bebatuan garam. Hal ini dilakukan lintas generasi, selama 700 tahun tambang ini beroperasi!

Dari Amusing Planet, Jumat (8/3/2013), Wieliczka Salt Mine punya komplek labirin yang terdiri dari beberapa lantai. Di dalamnya terdapat koridor-koridor yang dipahat, katedral, kapel, lusinan patung, juga ruang-ruang bawah tanah. Panjang keseluruhannya mencapai 300 Km, terbagi dalam beberapa tingkat.

Hasil jerih payah selama ratusan tahun, lintas generasi ini luar biasa. Bagaikan 'kota mati' di bawah tanah Polandia. Sejak 1978, Wieliczka Salt Mine menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tiap tahun jutaan wisatawan datang untuk melihat ke dalamnya.

Wisatawan akan menuruni tangga panjang ke bawah tanah. Kapel terbesar, Blessed King, terletak 101 meter di bawah permukaan tanah. Panjangnya 50 meter dengan lebar 15 meter dan tinggi 12 meter. Kapel ini pasti membuat wisatawan ternganga saking kagumnya.

Tak sampai di situ, ada lagi beberapa kapel yang lebih kecil. Kapel St Anthony misalnya, dibangun pada abad ke-17. Ada pula danau raksasa bawah tanah dan museum bawah tanah. Beberapa ruang bawah tanah dulu digunakan untuk pekerja yang mengidap penyakit pernafasan.

Pada setiap lantai, tergambar perkembangan Wieliczka Salt Mine dari masa ke masa. Koleksi peralatan tambang dipajang di dalamnya, termasuk juga barang-barang berharga terkait perkembangan teknologi tambang selama periode panjang sejarah Eropa.

0 komentar:

Post a Comment