Sunday, April 21, 2013

Ssst! Kartini Ada di Monas


Jakarta - Kartini tak hanya identik dengan kota kelahirannya yakni Jepara. Buktinya, patung tokoh wanita ini juga berdiri di salah satu sisi Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Di Hari Kartini ini, yuk ke sana!

Kalau melewati Kawasan Taman Surapati di Menteng, Jakarta Pusat, Anda pasti melihat patung Pangeran Diponegoro sedang berkuda. Patung inilah yang menggantikan 2 patung perempuan yang lazim disebut Patung Kartini.

Setelah sempat kebingungan meletakkan Patung Kartini, akhirnya hadiah dari pemerintah Jepang tersebut ditaruh di lapangan Monumen Nasional (Monas). Wisatawan bisa melihatnya langsung di dalam kawasan Monas yang berseberangan dengan Stasiun Gambir.

Patung tersebut menggambarkan 3 pose Kartini yang berbeda: sedang berjalan, menyusui, dan menari. Patung ini adalah pemberian dari Jepang sebagai lambang persahabatan untuk Indonesia. Upacara peletakkan Patung Kartini digelar pada 20 Desember 2005 oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yutaka Himura kepada Gubernur Jakarta Sutiyoso.

Patung yang terbuat dari tembaga itu berdiri di lahan seluas 7x48 meter persegi, dengan tatakan patung berukuran 7x3,25 meter persegi. Patung Kartini pertama setinggi 1,40 meter, sementara yang kedua setinggi 1,37 meter. Salah satu alasan patung tersebut ditaruh di sisi timur Monas adalah, karena kawasan tersebut dikunjungi banyak warga dan wisatawan.

Kalau Anda tak punya waktu untuk mengunjungi museum dan beberapa peninggalan Kartini lainnya di Jepara, datanglah ke sisi timur lapangan Monas. Anda bisa berfoto kemudian menikmati Monas mulai sore hingga malam. Selamat Hari Kartini!

0 komentar:

Post a Comment