Saturday, April 20, 2013

Koh Kret, Pulau Mungil di Tengah Sungai Chao Phraya


detikTravel Community - 

Saat mengunjungi Kota Bangkok di Thailand, cobalah bertolak ke arah utaranya. Di tengah Sungai Chao Phraya terdapat pulau mungil yakni Koh Kret yang punya banyak kuil dan jadi tempat wisata.

Koh Kret adalah pulau yang terletak di Provinsi Nonthaburi, batas utara Kota Bangkok. Pulau ini terbentuk dari penggalian kanal di sekitar tanjung Sungai Chao Phraya. Tahun 1722 pada masa pemerintahan Raja Thaisa di Ayutthaya, pulau ini bernama Lat Kret Noi yang artinya 'jalan pintas ke kanal Kret'.

Kemudian arus sungai berubah, kanal pun melebar sehingga membentuk tanjung menjadi suatu pulau. Koh Kret sudah terkenal sejak periode Ayutthay, karena banyaknya kuil yang dibangun pada maa itu. Akan tetapi Koh Kret ditinggalkan penduduknya saat tentara Burma menguasai Ayutthaya.

Saat Ayutthaya direbut kembali, Raja Thaksin merelokasi orang-orang Mons untuk tinggal di pulau ini. Mereka pun tinggal di sini selama periode Thonburi dan Raja Rama II.

Sekarang, Koh Kret adalah salah satu tempat wisata favorit di Provinsi Nonthaburi. Pulau yang terkenal dengan populasi orang Mons ini punya budaya khas yang turun-temurun. Meski terletak di luar Bangkok, pulau ini mudah dicapai dari ibukota Thailand tersebut.

Koh Kret juga terkenal oleh kampung gerabah (pottery village) dan berbagai khanom alias jajanannya. Di sini, wisatawan bisa mencicipi aneka jajanan manis atau gorengan bunga. Sedap!

0 komentar:

Post a Comment