Monday, March 4, 2013

Maskapai Delta Bikin Bilik Anti Jet Lag


Sydney - Sekarang sudah tak perlu khawatir untuk jet lag sepulang liburan. Maskapai Delta Airline sudah punya 'obatnya'. Maskapai asal AS ini punya mesin khusus berupa ruangan seperti kamar mandi yang bisa mengusir jet lag.

Ruangan ini bukan kamar mandi sembarangan. Di ruangan yang diberi nama Photon Shower ini Anda juga tidak akan mandi dengan air. Untuk mengusir jet lag, Anda akan 'mandi' dengan sinar khusus yang akan mengubah ritme sirkadian, atau siklus 24 jam dalam proses fisiologis manusia.

"Berdasarkan penelitian Profesor Russell Foster dari Oxford, membuktikan 'mandi' dalam cahaya dapat mengubah ritme sirkadian alami untuk membantu orang pulih dari jet lag," ujar perwakilan dari Delta Airlines seperti yang detikTravel lihat dari CNN Travel, Senin (4/3/2013).

Menurut tim Foster, otak manusia memiliki jam master yang berkaitan dengan ritme sirkadian. Traveler biasanya mengalami jet lag yang terjadi karena tubuhnya mengalami kekacauan jadwal. Apalagi saat merasakan waktu malam dan siang di lokasi berbeda.

"Dengan mesin ini, kita bisa mengatur ulang jam master kita lebih cepat. Semakin cepat jam master kita ulang, semakin cepat kita pulih dari jet lag," ungkapnya.

Tapi untuk bisa menggunakan mesin ini, Anda harus bersabar dulu. Sebab, mesin masih dalam tahap penyempurnaan. Juga belum diketahui di mana dan bagaimana penumpang Delta Air Lines bisa merasakan fasilitas ini, apakah di pesawat atau di bandara dan ada biaya tambahan atau tidak.

Semoga mesin ini cepat terealisasi. Kalau perlu, maskapai lainnya segera menyusul membuat fasilitas yang sama agar traveler sudah tidak lagi merasakan jet lag usai penerbangan panjang.

0 komentar:

Post a Comment