Monday, December 24, 2012

Yogyakarta, Satu Kota Seribu Kisah Wisata


detikTravel Community - 

Banyak kisah di Kota Yogyakarta. Rasanya, tidak akan pernah puas untuk menjelajahi Kota Gudeg itu, apalagi menjelang liburan akhir tahun nanti. Ada tempat belanja dan kuliner yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Dari Gunung Merapi sampai Pantai Parangtritis, dari Keraton Yogyakarta sampai Kaliurang, dari Restauran Omah Dhuwur sampai angkringan. Tidak akan habis kita menceritakan tentang kota ini.

Berikut tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Yogyakarta untuk liburan akhir tahun nanti.

1. Gua Pindul

Saat pertama kali sampai di Bandara Adi Sucipto, Yogya, yang pertama saya tuju adalah wilayah Wonosari Gunung Kidul. Dari beberapa artikel yang ada di internet saya menemukan tentang Gua Pindul, ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan tempat wisata ini.

Tempat wisata yang dikelola oleh warga setempat ini tidak sulit untuk ditemukan. Tinggal pergi menuju Desa Bejiharjo dan dari pintu gerbang desa anda akan diantar oleh warga sekitar menuju tempat wisata ini. Menikmati pemandangan gua dengan cara lain itu yang membedakan gua ini dengan gua lainnya. Ternyata banyak turis asing yang sudah datang ke tempat wisata ini.

2. Pantai Indrayanti

Setelah basah-basahan di Gua Pindul tidak lengkap jika tidak mandi di pantai. Pantai yang jaraknya tidak jauh dari Gua Pindul ini menawarkan keindahan yang masih alami, walaupun banyaknya pengunjung namun pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya. Hal ini terbukti dari airnya yang masih sangat biru dan pasir yang putih. Jika di Bali ada Pantai Jimbaran maka inilah Jimbaran-nya Yogyakarta, karena sepanjang pantai ini terdapat restoran yang menyajikan hasil laut yang lezat.

3. Taman Sari

Taman yang dulunya digunakan untuk mandi para putri keraton ini masih sangat mempesona. Mempelajari sejarah dan menikmati taman air yang indah melengkapi liburan daya saat mengunjungi Yogyakarta.

4. Iga Bakar

Bingung mencari tempat makan setelah lelah berkeliling? Di sini tempatnya. Tempat makan yang nyaman, enak, murah. Berada di Jalan Kaliurang Km 5,5 tempat makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, selain iga bakarnya yang lezat harganya juga sangat-sangat murah. Belum lagi sop iga yang melengkapi kuliner ini.

5. Mirota Batik

Tidak lengkap rasanya jika jalan-jalan tanpa membawa oleh-oleh. Tidak usah bingung mencari oleh-oleh di kota ini, banyak pusat oleh-oleh di sini, salah satunya Mirota Batik. Tersebar di beberapa pusat wisata, para wisatawan bisa dengan mudah menemukannya, seperti di Jalan Kaliurang, belakang Kampus UGM dan pusatnya ada di Jalan Malioboro.

Mirota Batik menawarkan berbagai macam oleh-oleh, dari berupa makan ringan hingga asesoris khan Yogyakarta. Maka tidak heran jika kalian masuk ke toko tersebut pasti akan penuh sesak dengan pengunjung, apa lagi jika musim liburan tiba.

Everyday is holiday in Yogyakarta.

0 komentar:

Post a Comment