Sunday, December 23, 2012

Situmurun, Air Terjun Penyejuk Hati di Sumatera Utara


detikTravel Community - 

Bicara air terjun di Sumatera Utara, pelancong pasti teringat Sipiso-piso. Tapi provinsi ini punya lebih dari itu, tepatnya di Kota Perapat. Namanya Air Terjun Situmurun yang aduhai indahnya.

Pelancong lebih mengenal Air Terjun Situmurun sebagai air terjun Binangalom. Airnya memang berasal dari sungai di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kota Perapat, Sumatera Utara. Kata Binangalom itu sendiri berasal dari nama sebuah sungai, yakni Lum. Lom atau Lum, dalam bahasa Batak Toba, bisa juga diartikan sebagai air penyejuk hati.

Keberadaan air terjun ini hampir terlupakan. Dulu, Air Terjun Situmurun merupakan tujuan wisata favorit di Kota Perapat selain batu gantung yang tersohor. Tapi krisis ekonomi membawa perubahan orientasi wisatawan. Sewa kapalnya dianggap mahal oleh wisatawan lokal, membuat destinasi ini hanya diminati oleh wisatawan mancanegara berkantung tebal.

Pemandangan menuju tempat ini tidak seindah dulu. Rangkaian keramba sepanjang 1 kilometer antara Desa Sirungkungon sampai Desa Binangalom memudarkan kesan alami. Walau begitu, keindahan Air Terjun Situmurun tetap juara.

Burung bangau berterbangan di sekitar tebing dekat air terjun. Sesekali menerobos derasnya air terjun memangsa ikan pora-pora yang berloncatan. Pemandangan luar biasa, mirip dengan ikan-ikan salmon yang akan bertelur menuju hulu sungai.
satu ini.

0 komentar:

Post a Comment