Tuesday, March 5, 2013

Australia Punya Danau Milkshake Stroberi!


Recherche - Punya warna yang unik, Danau Hillier di Kepulauan Recherche, Australia Barat terlihat begitu menggoda. Sepintas danau ini terlihat seperti kolam berisi susu stroberi. Tapi, apa benar warna merah mudanya dari susu stroberi?

Danau Hillier berada di Middle Island, Kepulauan Recherche, tepatnya berada di sebelah tenggara Australia Barat. Danau ini memang punya warna yang tidak biasa. Air di danau ini berwarna merah muda yang pekat, sekilas seperti susu stroberi, seperti yang dilihat detikTravel dari Amusing Planet, Selasa (5/3/2013).

Warna unik tersebut menjadi pembeda dari daratan Kepulauan Recherche yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Danau merah muda ini memanjang, panjangnya 600 meter. Berada tidak jauh dari pantai, Danau Hillier punya pasir putih di tepiannya. Dari atas, warnanya begitu kontras dengan warna hutan dan laut di dekatnya.

Tidak seperti danau berwarna merah muda lainnya di dunia, seperti Danau Lac Rose Retba di Senegal dan tambak garam di San Francisco Bay, warna Danau Hillier belum terbukti asal-usulnya. Banyak yang berpendapat danau ini memiliki bakteri merah halofilik pada kerak garam yang bisa membuat warna airnya ikut menjadi merah.

Yang pasti, warna merah muda di Danau Hillier bukanlah teknik pencahayaan. Bukitnya, saat air dimasukkan ke dalam gelas, warnanya akan tetap sama alias tidak berubah menjadi bening.

Air merah muda di Danau Hillier juga aman jika terkena kulit manusia. Wisatawan yang datang ke sini bisa bermain air atau bahkan berenang bebas di tengah danau.

Danau Hillier ditemukan oleh seorang kartografer asal Inggris, Matthew Flinders pada tahun 1802. Saat itu, Flinders sedang naik ke puncak tertinggi di Middle Island yang saat ini dikenal dengan nama Puncak Flinders. Tapi sejak ditemukan, danau berwarna mirip susu stroberi ini seakan tak terjamah oleh wisatawan. Padahal, keunikan dan pemandangannya tersaji sangat indah.


0 komentar:

Post a Comment