Wednesday, April 17, 2013

Kisah Misterius Laguna 'Darah' di Chili


Camina - Punya warna air semerah darah, Red Lagoon di Camina, Chili terlihat unik. Tunggu dulu, ternyata warna merah di laguna tersebut punya kisah misterius. Konon, fenomena yang terjadi mengandung kutukan. Hii!

Sesuai dengan namanya, Red Lagoon mempunyai perairan berwarna merah. Danau ini berlokasi di Kota Camina, sekitar 147 km dari Kota Iquique di Chili bagian utara.

Dikutip dari Amusing Planet, Rabu (17/4/2013), warna merah pada air Red Lagoon seperti tinta atau darah. Meski penduduk lokal sudah mengetahui keberadaan Red Lagoon, National Service of Tourism Chili justru baru tahu pada tahun 2009.

Konon, daerah di sekitar laguna ini dahulu dihuni oleh suku dan peradaban kuno Aymara. Mereka berhasil menyembunyikan legendanya. Seperti makam-makam kuno di Mesir, konon laguna ini juga mempunyai kutukan bagi siapapun yang mendekatinya.

Itulah sebabnya, dahulu tidak ada yang tahu persis letak Red Lagoon. Bahkan, hilangnya ribuan penduduk Suku Aymara dipercaya karena akibat mereka minum air di danau tersebut.

Warna merah pada air Red Lagoon semakin kontras dengan dua kolam alami berwarna kuning dan hijau yang mengelilinginya. Tak kalah misterius, konon dua kolam tersebut akan mengeluarkan gelembung bila disinggahi oleh orang-orang yang tidak menyenangkan. Nah, karena mitos itulah banyak orang yang menyimpulkan kalau warna merah pada laguna tersebut karena adanya makhluk halus.

Berbeda dengan mitos tentang Red Lagoon, beberapa pakar tentang warna menganggap warna-warna berasal dari ganggang yang hidup di laguna tersebut. Perbedaan warna yang terjadi juga dikarenakan jenis ganggang yang hidup di setiap lagunanya berbeda-beda.

0 komentar:

Post a Comment