Sunday, December 16, 2012

Yang Tersisa Dari Perjalanan Dream Destination Papua


detikTravel Community - 

Perjalanan 12 hari menjelajah tim Dream Destination Papua akhirnya selesai juga. Berbagai pengalaman seru dan cerita menarik di Papua sulit untuk dilupakan. Rasanya, ingin menghabiskan seumur hidup di sana.

Semua yang memiliki awal pasti akan bertemu dengan akhir, begitu pula perjalanan saya menjelajah tanah Papua. Tidak terasa, 12 hari menjejakkan langkah di bumi cendrawasih ini akhirnya sampai pada penutupnya juga.

Hingga akhirnya pulang, saya masih belum percaya begitu banyak ragam cerita dan warna yang dddapatkan selama 12 hari ini. Memiliki kesempatan untuk menjelajah Papua, semakin berwarna bersama mereka yang telah berbagi cerita dalam perjalanan kali ini.

Anisa dan Keken adalah teman perjalanan yang sangat menyenangkan. Ditambah dengan Sugeng sebagai pemandu kami, Afif dari detikTravel, Fariz dari MyTrans serta Ferdinand dari detiknews, kami laksana sirkus keliling. Tak ada hari tanpa tawa, pun di saat kami lelah selalu saja ada hal yang membuat suasana kembali ceria.

Saya tidak menyangka 12 hari kami lewati dengan 11 kali berpindah daerah dengan helikopter ataupun pesawat. Bagi saya ini adalah rekor tersendiri! Sudah tidak terhitung lagi berapa kilometer jarak yang telah kami tempuh dari selatan hingga ujung timur Papua.

Awalnya Papua adalah tanah yang asing, seasing pengetahuan saya tentang Papua itu sendiri. Tapi seperti yang saya percaya, bahwa sebuah perjalanan adalah langkah awal untuk menemukan pelajaran yang baru. Oleh karena itu, 12 hari ini adalah salah satu kelas terbaik yang pernah saya dapatkan dan Papua serta keramahannya menjadi guru yang hebat.

Mungkin ucapan terima kasih tidak akan pernah cukup kepada detikTravel dan segenap pihak yang telah menyukseskan acara ini. Juga kepada kalian, yang telah setia mengikuti cerita perjalanan kami. Tapi semoga saja ragam cerita dan gambar yang kami bagi bisa sedikit memberi kalian gambaran betapa kayanya ujung timur Indonesia.

Dan saat ini apabila ada yang menanyakan kepada saya tentang keindahan Papua, saya hanya dapat berkata: Jangan Percaya Apapun! Papua lebih dari semua yang pernah digambarkan dan diceritakan. Tak ada kata yang pas untuk memberikan defenisi, serta penggambaran akan bentang alam maha megah di timur negeri ini.

Papua layaknya mimpi, maka datanglah sendiri dan berilah arti!

0 komentar:

Post a Comment