Thursday, March 21, 2013

Berburu Oleh-oleh Khas Makassar di Jalan Somba Opu


Jakarta - Pulang liburan tanpa oleh-oleh seperti makan sayur tanpa garam, terasa ada yang kurang. Begitu juga jika Anda traveling ke Makassar tapi belum belanja buah tangan di Jalan Somba Opu. Ada apa sih di sana?

Memang, seperti ada kewajiban tak tertulis saat traveling: pulang harus membawa oleh-oleh khas daerahnya. Kalau kebetulan Anda ingin liburan di Makassar, Sulawesi Selatan, maka cobalah untuk menyambangi Jalan Somba Opu. Lokasinya mudah ditemukan. Tepatnya berada tidak jauh dengan Benteng Fort Rotterdam.

Sejak lama, kawasan ini dikenal sebagai surganya para pemburu oleh-oleh di Kota Anging Mamiri. Jika Yogyakarta punya Malioboro, maka Makassar punya Somba Opu. Dilihat dari situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Makassar, Kamis (21/3/2013), di Jalan Somba Opu Anda bisa menemukan beragam jenis buah tangan. Mulai dari makanan sampai kerajinan khas Makassar ada di sini.

Tidak semua toko di Jalan Somba Opu adalah toko oleh-oleh. Ada juga toko aksesoris emas dan perak, yang juga diburu para traveler. Mau oleh-oleh lainnya, di sini ada juga pakaian, makanan, sampai alat musik khas Makassar.

Salah satu oleh-oleh yang sangat khas Makassar, yakni Minyak Gosok Cap Tawon dengan berbagai ukuran botol. Tapi yang paling sering dijadikan oleh-oleh adalah kemasan botol ukuran 330 mililiter.

Minyak gosok asli Makassar ini ditawarkan dua macam, yakni tutup botol merah seharga Rp 90.000 dan tutup botol putih seharga Rp 230.000. Bedanya hanya kualitas ramuan minyak gosok yang terkenal sejak tahun 1912 ini. Selain minyak gosok ada juga minyak kayu putih.

Bagi kaum hawa, akan lebih sempurna jalan-jalannya bila membawa pulang kain sutra tenun khas Bugis. Harganya berkisar dari Rp 250.000 hingga jutaan rupiah. Motifnya sangat khas dari Makassar dan menarik jika dijadikan busana pesta atau pakaian bersantai.

Belanja di Jalan Somba Opu memang bisa membuat Anda kalap. Semua barang di sini begitu menarik dengan kualitasnya yang tak kalah dengan barang impor. Tapi jangan takut kantong jebol, harga barangnya relatif miring.

Usai berbelanja, turis bisa berjalan-jalan di sepanjangan Jalan Somba Opu. Walaupun dikenal sebagai surga belanja di Makassar, Jalan Somba Opu cukup bersahabat untuk Anda para traveler yang ingin menikmati suasana.

Mau lebih asyik lagi? Coba kunjungi kawasan ini saat malam hari dan jalanlah di selasar toko yang sudah tutup. Nikmati suasana Makassar yang berbeda pada malam hari.

0 komentar:

Post a Comment