Sunday, April 21, 2013

Ulah Para Turis: Mencuri Pasir Pantai Hingga Penguin


Roma - Tak sedikit turis yang suka mencuri saat traveling. Bukan mencuri barang orang lain, tapi menguntil benda-benda di sekitar objek wisata. Mereka suka mengambil pasir putih di pantai hingga membawa pulang penguin. Duh!

Traveling adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda akan mendapatkan pengalaman tiada dua, saat menjelajahi alam yang indah atau bangunan tua bersejarah. Tapi sayang, ada beberapa turis yang suka mencuri saat jalan-jalan. Mereka mencuri benda yang berada di sekitar objek wisata yang nantinya dapat berdampak buruk pada tempat tersebut.

Dilansir dari CNN Travel, Senin (22/4/2013), satu alasan para turis melakukan hal ini adalah untuk suvenir. Namun, alasan ini tentu tidak bisa diterima. Apa pun yang diambil selama masih bagian dari objek wisata merupakan tindak kriminal. Denda dan hukuman pun menanti!

Jason Dement (30), turis asal Missisipi, AS terancam pidana selama 12 tahun penjara di Turki. Dia ketahuan mengambil batu marmer yang diduga adalah sebuah artefak kuno. Hal ini terungkap oleh petugas keamanan Bandara Antalya, Turki.

Memang, pencurian oleh para turis sudah menjadi perhatian utama di beberapa negara. Pulau Boracay di Filipina sudah menyiapkan denda yang tak sedikit bagi turis yang gemar mengambil pasir putih pantai.

"Pulau Boracay memiliki pasir putih sehalus bubuk dan merupakan anugerah Tuhan, yang berangsur-angsur hilang oleh sikap egois manusia yang tidak memikirkan konsekuensinya," seperti yang dilansir Manila Buletin.

Turis yang kedapatan mencuri pasir pantai di Boracay akan dijatuhi denda sebanyak US$ 60 atau sekitar Rp 582 ribu. Selain itu, ada juga hukuman penjara minimal satu bulan atau maksimal enam bulan.

Juni tahun lalu, Telegraph melansir banyak para turis yang mencuri bebatuan dari situs-situs Romawi di Italia. Tercatat, terdapat 2.000 potongan batu dan artefak yang ditemukan pada koper wisatawan di bandara-bandara Italia.

Tahun lalu, Daily Mail melaporkan tiga turis asal Inggris telah ditangkap akibat menculik penguin peri dari taman laut di Australia. Untungnya, penguin kecil yang berusia 7 tahun ini tidak terluka dan sudah dikembalikan ke habitatnya.

Pemerintah China juga telah lama mencemaskan Great Wall. Tembok besar tersebut mengalami beberapa kerusakan yang diduga dilakukan oleh para turis. Duh, jangan mencontoh perbuatan turis yang merugikan ini ya!

0 komentar:

Post a Comment