Monday, April 22, 2013

Menyambut Pagi di Atas Balon Udara, Mantap!


Gold Coast - Selain pantai, Gold Coast di Queensland, Australia memiliki atraksi wisata lain yang menarik. Anda bisa naik balon udara dan menikmati keindahan kota ini dari ketinggian, pada pagi hari.

Gold Coast di Australia, adalah satu di antara tempat wisata pantai yang ternama di dunia. Tapi tidak cuma pantai, traveler yang datang ke sana akan menemukan berbagai macam alternatif wisata yang seru.

Salah satunya adalah menjelajah langit dengan balon udara. Melayang di udara dengan ketinggian mencapai 1.000 meter? Wow sungguh suatu pengalaman yang berbeda.

Pukul 03.00 waktu setempat, alarm di ponsel berbunyi membangunkan saya dari tidur. Usai bergegas mandi saya pun langsung ke lobi hotel untuk menunggu mobil jemputan menuju tempat balon udara akan lepas landas.

Tepat pukul 04.00, detikTravel bersama-sama rombongan dari Garuda Indonesia langsung menuju ke daerah Scenic Rim, Beaudesert, yang letaknya di sebelah barat Gold Coast. Perjalanannya cukup jauh sekitar 1 jam dengan 1 kali berhenti untuk ke toilet, lumayan untuk tidur jika Anda masih mengantuk.

Setelah menempuh jalan berliku dan suguhan hutan pinus di kanan-kiri jalan, akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Hawa dingin langsung menusuk kulit begitu keluar dari mobil van, maklum saja jam di tangan masih menunjukkan pukul 05.00.

Sambil menunggu balon yang sedang ditiup oleh semburan uap panas dari api elpiji, Anda akan disuguhkan dengan suasana hamparan rumput berbukit yang masih berselimut kabut. Semburat jingga mulai terlihat di langit timur menandakan matahari mulai menyingsing.

"Apa serunya di atas? Cuma melayang begitu saja," gumam saya sebelum mengudara.

Namun, tidak butuh waktu lama bagi saya untuk mendapat jawaban dari pertanyaan itu. Saat balon mulai mengudara perlahan, matahari terbit mulai menyapa kami dari arah perbukitan.

Begitu syahdu, tenang, dan menenangkan. Di atas ketinggian 1.000 meter kami hanya bisa pasrah mengikuti hembusan angin. Melayang perlahan melintasi kawanan ternak sapi, rumah-rumah, dan bahkan sesekali keluarga kanguru yang sedang melompat-lompat.

Soal keamanan, pilot balon udara Ben memastikan semuanya dalam situasi terkendali dan terkontrol. Ben selalu memantau cuaca dan kekuatan tiupan angin dengan peralatan modern.

"Kalau angin kencang saya pasti tidak akan terbang," ujarnya.

Walaupun berstatus pilot, Ben tidak benar-benar mengendalikan balon udaranya. Ben hanya bisa menaikkan atau menurunkan balon untuk mengetahui arah angin supaya bisa mendarat di sasaran.

Pernah mendarat di tempat yang salah? "Belum pernah sampai saat ini. Walaupun melenceng tidak terlalu jauh," jawab Ben yang sudah menjadi pilot selama 8 tahun itu.

Sekitar 30 menit kami berada di udara menikmati hangat matahari, pemandangan indah, dan angin sepoi-sepoi. Sampai akhirnya balon udara berisi 16 penumpang dan Ben mendarat dengan sedikit guncangan di padang rumput tempat menggembala ternak.

"Ini tanah milik orang lain. Orangnya baik, kita boleh mendarat di sini. Setiap mendarat di sini kita bayar ke pemilik tanah," kata Ben.

Sayangnya balon udara di Gold Coast hanya 1 unit dan cuma bisa terbang pada pagi hari. Jadi jika Anda tertarik, harus memesannya dari jauh-jauh hari apalagi bila musim berlibur tiba.

Pagi kian lengkap setelah acara dilanjutkan dengan sarapan di perkebunan anggur. Sarapan roti yang diakhiri dengan meneguk segelas wine, sempurna!

0 komentar:

Post a Comment