Monday, April 22, 2013

Laba-laba Cantik Namun Beracun ada di 6 Tempat Ini


Jakarta - Jika Anda takut laba-laba, sebaiknya hati-hati saat traveling ke 6 tempat ini. Di sana ada laba-laba cantik namun beracun.

Pernah mendengar kata arachnophobia? Ini adalah istilah phobia yang diberikan kepada seseorang yang takut melihat laba-laba. Umumnya, mereka akan ketakutan begitu melihat kemunculan hewan ini. Tak peduli apakah tubuhnya cantik atau hitam berbulu.

Jika Anda salah satu yang takut dengan laba-laba, tingkatkan kewaspadaan jika traveling ke beberapa tempat berikut. Dilongok dari Mother Nature Network, Senin (22/4/2013) inilah 6 tempat yang dihuni laba-laba cantik dan beracun:

1. Meksiko

Negara yang terkenal dengan telenovela ini ternyata dihuni oleh salah satu laba-laba beracun, Loxosceles reclusa namanya. Laba-laba yang biasa disebut laba-laba petapa ini banyak ditemukan turis yang sedang liburan di Teluk Meksiko.

Loxosceles reclusa bisa bersembunyi di bawah kayu atau tumpukan yang ada di ruangan terbuka. Yang membuat menarik, di bagian punggung terdapat tanda berbentuk biola. Laba-laba ini semakin cantik karena warna tubuhnya yang cokelat muda.

Tapi berhati-hatilah, jangan terlalu dekat begitu melihatnya. Meski tidak menyebakan kematian, L. reclusa mengeluarkan racun yang berbahaya. Gigitannya sangat menyakitkan dan bisa membuat kulit seperti melepuh. Bahkan, waktu penyembuhannya bisa mencapai 6-8 minggu.

2. Amerika Selatan, Australia dan Tasmania

Laba-laba cantik namun beracun lain yang bisa Anda temui adalah laba-laba serigala atau wolf spider. Ada sekitar 2.000 spesies laba-laba yang masuk dalam kelompok ini.

Wolf spider bisa ditemui ketika traveler jalan ke dalam hutan atau bahkan taman kota di Australia, Tasmania atau kota-kota di Amerika Selatan. Tapi ingat-ingat, jangan sekali-kali menganggu hewan ini jika bertemu.

Ketika merasa terganggu, tanpa segan ia akan menggigit Anda. Gigitan ini bisa menyebabkan pembengkakan. Bahkan, racun yang dikeluarkan bisa menyebabkan kematian jaringan tubuh.

3. Amerika Serikat, Kanada, Meksiko

Black widow spider, namanya mungkin terdengar unik di telinga Anda. Ini adalah salah satu laba-laba cantik di dunia namun cukup beracun.

Black widow spider bisa traveler temui jika bepergian di beberapa negara di Benua Amerika, seperti Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Laba-laba ini cantik karena memiliki perut yang bulat, tidak seperti laba-laba lain.

Tak hanya itu, laba-laba ini juga memiliki tanda seperti jam pasir di bagian bawah perutnya. Warna cokelat tua mengkilap pun mendominasi tubuhnya.

Jangan larut terpukau melihat keindahan tubuh black widow spider. Hal ini karena ia bisa saja diam-diam menghampiri dan menggigit tubuh Anda. Meski hanya terasa seperti ditusuk jarum, efek gigitan ini cukup berbahaya.

Racun yang dikeluarkan bisa dengan cepat menyebar ke tangan, kaki, dada, punggung dan dada. Tak ayal, sang korban bisa menggigil, muntah, sulit bernafas, hingga kejang.

4. Amerika Serikat

Tak hanya black widow spider, turis yang sedang liburan ke AS juga bisa menemukan laba-laba cantik namun beracun, yaitu orb weaver. Laba-laba ini sering juga disebut sebagai laba-laba penenun.

Orb weaver masuk dalam kategori laba-laba cantik karena ia memiliki warna tubuh yang cerah. Tak hanya itu, tubuhnya juga dihiasi dengan corak garis-garis yang tidak ada di spesies laba-laba lain.

Meski masuk dalam kategori laba-laba yang jinak, dampak dari gigitan orb weaver bisa berakibat banyak hal. Beberapa gejala yang bisa Anda rasakan adalah nyeri lokal, mati rasa, bengkak, hingga mual dan pusing.

0 komentar:

Post a Comment