Friday, April 26, 2013

Mau Berakhir Pekan di Jakarta, Baca Dulu 5 Tips Ini


Jakarta - Tak ada salahnya Anda menghabiskan akhir pekan di Jakarta. Banyak tempat keren di Jakarta, seperti museum, gedung tua, hingga taman kota. Beragam festival pun juga dapat Anda datangi. Tapi sebelum itu, baca dulu 5 tips ini.

Jakarta punya banyak tempat untuk dijelajahi. Ada taman kota yang asri hingga kawasan wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Beragam festival budaya juga sering diadakan tiap akhir pekan di Jakarta. Tapi ingat dulu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum jalan-jalan di ibukota negara Indonesia ini.

Dihimpun detikTravel, Jumat (26/4/2013), berikut 5 tips liburan akhir pekan di Jakarta:

1. Pilih kegiatan yang Anda suka

Sebelum menghabiskan akhir pekan di Jakarta, ada baiknya Anda memilih kegiatan yang disuka. Sebab, Jakarta punya beragam tempat yang cocok dengan selera Anda. Jika belum menentukan tujuan, bisa-bisa perjalanan jadi kurang menyenangkan.

Bagi Anda yang suka fotografi, silakan datang ke kawasan Kota Tua. Banyak gedung-gedung bergaya Eropa di sana. Anda yang suka kuliner, kawasan Wisata Kuliner Pecenongan atau Petak 9 di Glodok punya aneka makanan yang lezat. Anda yang suka snorkeling dan diving, beranjaklah ke Pulau Seribu di utara Jakarta. Bagi Anda pecinta sejarah, Museum Perumusan Naskah Proklamasi hingga Museum Sumpah Pemuda adalah surganya.

Oleh sebab itu, tetapkan tujuan atau kegiatan yang Anda sukai. Jika sudah, Anda bisa merencanakan jadwal perjalanan dan menyiapkan biaya perjalanan.

2. Lebih pagi, lebih asyik

Bangunlah lebih pagi saat berlibur akhir pekan di Jakarta. Dengan bangun dan berangkat lebih pagi, Anda bisa merasakan jalanan Jakarta yang sepi dan lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Anda pun terhindar dari kemacetan dan suara-suara bising klakson. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa menghirup udara segar di Jakarta!

3. Cari informasi untuk lihat festival seru

Biasanya, Jakarta punya sederet pagelaran budaya pada akhir pekan. Baik itu event pameran atau pagelaran festival budaya. Lokasi-lokasi tersebut berlangsung di JIExpo, Monas, atau Taman Mini Indonesia Indah. Untuk mengetahui festival budaya atau pameran di Jakarta, Anda bisa mengetahuinya melalui TV, koran, atau situs media online, seperti detikTravel.

Di akhir pekan ini, ada acara seru di Candra Naya, Jl Gajah Mada, Jakarta Barat. Di sana berlangsung Musyawarah Agung II Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara. Anda bisa berkenalan dengan para sultan atau raja-raja yang berasal dari penjuru Indonesia. Ada pameran benda-benda pusakanya juga lho!

4. Sebelum jalan-jalan, pantau cuaca dulu

Akhir-akhir ini, cuaca di Jakarta sulit ditebak. Hujan deras bisa saja turun sewaktu-waktu. Nah, pantaulah cuaca terlebih dulu sebelum Anda berpergian menjelajahi Jakarta.

Selain itu, tak ada salahnya Anda membawa perlengkapan seperti payung atau jaket. Hal ini akan sangat membantu jika terjadi hujan deras saat sedang berada di jalanan. Jangan lupa untuk minum banyak vitamin juga ya!

5. Siapkan camilan

Jangan lupa untuk membawa camilan saat Anda berlibur di Jakarta. Hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda saat dalam perjalanan. Pengeluaran untuk jajan pun semakin berkurang. Selain itu, harga makanan di beberapa objek wisata lebih mahal dari biasanya. Dengan membawa camilan, uang pun hemat dan Anda jadi tidak jajan sembarangan di pinggir jalan.

Sudah siap berakhir pekan di Jakarta?

0 komentar:

Post a Comment