Tuesday, April 9, 2013

BRA Airlines & Aneka Maskapai dengan Nama Aneh


Sydney - Terbang dengan BRA? Tunggu dulu, ini bukanlah pakaian dalam perempuan, melainkan nama sebuah maskapai. Ternyata tidak hanya BRA, masih ada 7 maskapai dengan nama aneh yang bisa buat Anda senyum-senyum sendiri

Nama dari sebuah produk ternyata punya peranan penting dalam kesuksesan sebuah produk, termasuk juga nama dari maskapai penerbangan. Dikutip dari News Australia, Selasa (9/4/2013) maskapai ini sungguhan ada. Namun, banyak juga dari maskapai-maskapai ini bangkrut. Sepertinya maskapai-maskapai dengan nama aneh ini harus memikirkan kembali nama yang mereka gunakan.

Pertama, ada maskapai WizzAir dari Hungaria. Dalam situs pemesanan online-nya, traveler bisa memilih 'My Wizz'. Sampai saat ini WizzAir pun masih beroperasi dengan baik. WizzAir juga termasuk dalam maskapai bujet dengan armada terbesar di negara asalnya. Ide namanya mungkin dari efek suara pesawat yang sedang terbang, wizz...!

Selanjutnya ada maskapai asal Thailand, U-Land. U-Land merupakan perusahaan maskapai bujet pertama yang ada di Asia. Sayangnya, perusahaan ini sudah bangkrut. Mungkin seharusnya maskapai ini berganti nama menjadi U-Fly supaya bisa terbang.

Coba saja Anda bayangkan jika ada traveler lain yang bertanya "Naik Apa?" dan Anda menjawab, "Naik BRA." Siapapun yang mendengarnya akan bingung dan tertawa, setelah mendengar nama maskapai asal Brasil tersebut. Tentu bukan hal yang mungkin Anda terbang dengan menumpang bra (pakaian dalam wanita-red).

Kenyataannya, maskapai ini tidak ada kaitannya dengan pakaian dalam wanita. Kepanjangan dari BRA adalah Brasil Rodo Aereo. Maskapai terbesar ketiga di Brasil ini, menyediakan penerbangan domestik, internasional, dan sewaan. Sama seperti U-Land, maskapai ini juga sudah gulung tikar.

Hampir sama dengan BRA, maskapai TAP dari Portugal tidak ada hubungannya dengan water tap atau keran air ledeng. TAP merupakan kepanjangan dari Transportes Aeros. Maskapai ini mempunyai sekitar 80 tujuan rute perjalan dari 36 negara di seluruh dunia.

Kemudian ada Ransome Airlines. Ini adalah sebuah maskapai penerbangan regional AS. Maskapai ini mempunyai kantor pusat di dekat Philadelphia, Pennsylvania. Namanya terdengar seperti ransom dalam bahasa Inggris yang berarti tebusan. Tapi, siapa yang diculik?

Beralih ke maskapai asal Rusia, Touch and Go. Touch and Go merupakan maskapai charter yang mengoperasikan pesawat Tu-154s dan Tu-134. Maskapai ini pernah terbang ke beberapa daerah resor di Eropa seperti Siprus dan Yunani. Sekarang maskapai ini sudah bangkrut. Nama Touch and Go sepertinya benar-benar menggambarkan dunia bisnis yang hanya bila tersenggol sedikit saja akan pergi alias bangkrut.

Keenam ada Bonanza, maskapai tua tapi oke. Namanya mengingatkan orang pada film koboi klasik. Tidak salah juga, Bonanza adalah maskapai yang melayani rute penerbangan internasional dan domestik yang beroperasi mulai dari 1945-1968 dengan rute di sebelah barat AS dan Meksiko.

Lucunya, markas besar Bonanza malah berlokasi di Las Vegas, AS. Mungkin hal itu menjelaskan kenapa namanya Bonanza. Di Las Vegas ada kasino jadul bernama Bonanza.

Ada lagi maskapai dengan nama-nama yang lebih aneh?

0 komentar:

Post a Comment