Thursday, April 4, 2013

Aurora dan 4 Keajaiban Lain di Eropa


Oslo - Tak hanya banyak bangunan kuno bersejarah, rupanya Eropa juga punya fenomena alam yang menakjubkan. Dari Aurora yang indah di angkasa hingga padang pasir di tengah hutan hijau, inilah 5 fenomena alam paling ajaib di Eropa!

Eropa adalah benua yang lengak dengan beragam destinasi. Anda bisa menghabiskan datang ke wilayah Mediterania untuk berjemur dan bermain air di pantai yang cantik, main-main ke wilayah Alpen untuk bermain ski, atau mendatangi banyak bangunan keren di Inggris.

Lebih dari itu, Eropa pun memiliki fenomena alam yang sayang untuk dilewatkan. Siap-siaplah menemukan keajaiban-keajaiban yang sulit ditemukan di belahan bumi mana pun.

Disusun detikTravel, Kamis (4/4/2013), berikut 5 fenomena paling keren di Eropa:

1. Aurora, Norwegia

Mungkin, Anda sudah tak asing dengan kata Aurora. Ini adalah fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer, akibat adanya interaksi oleh medan magnetik dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDEvZm90by1nZXJoYW5hLW1hdGFoYXJpLTI2LWphbnVhcmktMjAwOS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPm1hdGFoYXJpPC9hPg==.

Intinya, aurora ini berbentuk cahaya yang berwarna hijau, merah, ungu, hingga biru yang ada di langit pada malam hari. Sangat cantik! Aurora terjadi di belahan bumi bagian utara. Di Eropa, Anda bisa melihatnya di wilayah Skandinavia atau Eropa belahan utara saat musim dingin tiba.

Dari situs Visit Norway, Anda bisa melihat Aurora di wilayah pantai di bagian barat Norwergia. Tempat tersebut masih alami, tidak ada gedung-gedung tinggi dan pemukiman penduduk. Oleh sebab itu, aurora pun terlihat jelas. Meski demikian, kemunculan aurora sulit ditebak.

Salah satu operator tur di Norwegia, Hurtigruten dapat mengajak traveler untuk berburu aurora. Harga paket yang ditawarkan adalah sekitar US$ 735 atau sekitar Rp 7 juta, selama 6 hari perjalanan untuk melihat aurora. Berminat?

2. Aletsch Glacier, Swiss

Ini adalah fenomena alam yang bernama gletser dan merupakan salah satu ciri khas dari Eropa, negara Swiss khususnya. Gletser adalah sebuah endapan bongkahan es yang besar dan terbentuk di atas permukaan tanah selama kurun waktu yang lama. Aletsch Glacier adalah gletser yang berada di Pegunungan Alpen, Jungfrau, Swiss dan paling dahsyat di Eropa!

Dari situs resmi UNESCO, Aletsch Glacier merupakan gletser paling panjang dan besar di Eropa. Bayangkan saja, gletser ini mempunyai luas hampir 128 km2, panjang 23 km, dan kedalaman 900 meter. Alhasil Aletsch Glacier dinobatkan menjadi World Heritage oleh UNESCO pada tahun 2011 silam.

Tak heran, traveler yang berkunjung ke Jungfrau pasti menyempatkan diri ke Aletsch Glacier. Di sini Anda dapat bermain salju, naik kereta gantung, 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 di sini, pasti tak terlupakan.

4. The Giant's Causeway, Irlandia Utara

The Giant's Causeway merupakan tumpukan-tumpukan batu vulkanik akibat letusan gunung berapi berjuta-juta tahun lalu. Uniknya batu-batu tersebut tersusun rapi bagaikan batu blok dan letaknya berada di pinggir pantai. Hal ini menjadikan The Giant's Causeway sebagai salah satu pantai terunik di dunia.

Dari situs Discover Northern Ireland, Giant's Causeway dinobatkan menjadi World Heritage oleh UNESCO sejak tahun 1986. Pantai ini juga menjadi bagian dari cagar alam nasional di Irlandia.

Giant's Causeway pun menjadi primadona di Irlandia Utara. Terang saja, wisatawan yang datang ke sini pasti kaget bukan kepalang. Bagaimana tidak, batu-batu tersebut tersusun secara rapi dan menjulang tinggi. Belum lagi lautan biru cantik dan burung-burung yang sering hinggap di bebatauannya.

Tapi rupanya, ada mitos tersendiri tentang Giant's Causeway. Masyarakat Irlandia percaya, zaman dulu terdapat seorang raksasa dari Irlandia yang membuat jalan untuk menuju Skotlandia dan ingin menghancurkan negara tersebut. Namun, sang raksasa tertidur dan saat itu raksasa lain dari Skotlandia muncul.

Niatnya ingin membunuh raksasa Irlandia, justru raksasa dari Skotlandia malah ketakutan. Mereka kabur dan menutup jalan raksasa Irlandia. Nah, batu-batu tinggi yang ada di Giant's Causeway tersebutlah yang diyakini penghalang yang dibuat oleh raksasa di Skotlandia.

Percaya tak percaya, pantai ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Anda dapat berjalan di atas bebatuannya dan melihat bebatuan tersebut tersusun secara rapi. Meski tak ada pasir putih, keajaiban di Giant's Causeway mampu menghipnosis Anda!

5. Samaria Gorge, Yunani

Jurang tidak selamanya seram. Di Pulau Crete, Yunani terdapat taman nasional bernama Samaria Gorge yang mempunyai jurang-jurang yang indah. Traveler dapat menjelajahi dasar jurangnya dan menikmati keindahan alam yang menawan!

Dari situs Explore Crete, Samaria Gorge adalah jurang terpanjang di Eropa dengan panjang 18 kilometer. Kegiatan favorit traveler di sini adalah menyusuri dasar jurangnya dan terbius oleh pemandangan yang bagaikan lukisan alam nan cantik. Tak hanya itu, Anda pun bisa menemukan beragam hewan dan tumbuh-tumbuhan di sini.

Anda dapat menjelajahi hutan pinus dan pepohonan cemara selama menjelajahi Samara Gorge. Ada rumah penduduk Samaria dan kambing hutan yang khas di sini. Menjelajahi Samaria Gorge, seolah membawa Anda ke dunia yang berbeda. Udara segar, hutan hijau lebat, dan ramahnya masyarakat Samaria mampu membuat Anda jatuh cinta!

Itulah 5 fenomena alam paling ajaib di Eropa. Siap-siap terkesima bahkan diam mematung saat melihat kelima fenomena ini dari dekat. Siapkan ransel Anda dan jelajahilah Eropa!

0 komentar:

Post a Comment