Saturday, March 16, 2013

Tak Hanya Lumba-lumba, Paus Juga Ada di Teluk Kiluan


detikTravel Community - 

Tak perlu pergi jauh untuk melihat lumba-lumba. Datang saja ke Teluk Kiluan di Lampung. Di sana, traveler bisa melihat kawanan lumba-lumba yang sedang melompat indah di laut lepas. Jika beruntung, Anda juga bisa bertemu paus.

Teluk Kiluan berada tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung. Tepatnya berada di Kabupaten Tangamus, kurang lebih sekitar 80 km. Untuk mencapainya traveler bisa menempuhnya dalam waktu 3-4 jam menggunakan mobil. Tapi hati-hati karena jalan menuju Teluk Kiluan tidak terlalu bagus.

Tidak hanya itu, mobil Anda juga tidak bisa dibawa untuk menyeberang. Jadi, harus parkir di tempat warga sekitar. Kemudian, untuk menyeberang turis bisa menggunakan perahu yang memang disediakan untuk mengantar wisatawan.

Begitu tiba di Kiluan, mata langsung disuguhkan dengan banyak sekali lumba-lumba di laut lepas. Menurut warga sekitar ada ratusan bahkan ribuan lumba-lumba berenang di sana.

Ternyata, Teluk Kiluan tak hanya dijadikan tempat berkumpul lumba-lumba. Paus dan penyu hijau juga kadang-kadang muncul di sana. Sayangnya, saya tidak bisa melihat mamalia yang satu ini. Mungkin karena sedang banyak pengunjung saat itu. Meski begitu, datang ke Teluk Kiluan tidak akan rugi karena lumba-lumba akan selalu menemani dari pagi hingga siang.

Selain melihat lumba-lumba, pelancong yang datang juga bisa melihat pemandangan cantik lainnya. Salah satunya adalah pemandangan cantik baru karang yang diterpa air laut.

Untuk Anda yang senang menjelajah alam bawah laut, bisa mencoba snorkeling di sini. Sayangnya, terumbu karang di Teluk Kiluan banyak rusak akibat penangkapan ikan menggunakan bom. Walau begitu, beberapa tahun belakang sedang dilakukan pembudidayaan terumbu karang. Semoga terumbu karang Teluk Kiluan kembali terjaga.

0 komentar:

Post a Comment