Saturday, March 30, 2013

Kemeriahan Pawai Obor, Awali Festival Legu Gam di Ternate


Ternate - Ternate di Maluku Utara punya festival seru yang sayang dilewatkan para pelancong, yaitu Festival Legu Gam. Kemeriahannya pun telah terasa sehari sebelum festival dimulai lewat pawai obor. Yuk dilihat!

Festival Legu Gam 2013 memang baru akan dibuka resmi Minggu 31 Maret 2013. Namun kemeriahan event tertua di Ternate, Maluku Utara ini telah terasa sejak sehari sebelumnya.

Sejak Sabtu pagi (30/3/2013), Kota Ternate seakan sibuk. Sejumlah spanduk promosi Festival Legu Gam 2013 telah dipasang di hampir setiap sudut kota.

Di hari Sabtu malam, masyarakat Kota Ternate turun ke jalan untuk menyaksikan Pawai Obor Gam ma Cahaya. Ini adalah iring-iringan obor yang terdiri dari satu obor besar dan beberapa obor kecil.

Obor besar akan dilepas dari halaman Kedaton Kesultanan Ternate oleh Yang Mulia Sultan Ternate. Obor itu kemudian akan diarak mengelilingi kota.

Obor-obor itu akan dibawa dari satu kelurahan ke kelurahan yang lain. Si pembawa obor akan secara estafet berjalan, hingga akhirnya obor itu kembali ke Kedaton Kesultanan Ternate.

Pawai ini dilakukan semalam sebelum pembukaan Festival Legu Gam untuk mendoakan Kota Ternate. Selain itu, ini sebagai simbol agar festival yang sudah berlangsung 11 kali ini sukses.

Tema Festival Legu Gam tahun ini adalah 'Welcome to Dream Island with Paradise Culture'. Ini menjadi ajang tahunan masyarakat Ternate untuk berkumpul dan bergembira bersama.

Biasanya, Festival Legu Gam digelar selama satu bulan. Namun tahun ini hanya berlangsung selama dua minggu yakni mulai 30 Maret-13 April 2013.

Ada banyak acara menarik seperti Kirab Budaya Pelangi Kie Raha yang merupakan penampilan ragam budara dan adat Ternate. Ada pemecahan rekor MURI yaitu makan Nasi Jaha sepanjang 10 km.

Ada juga pagelaran menari semalam suntuk dalam Baronggeng Semalam Suntuk. Tak ketinggalan acara andalan yakni menari Teri Soya-soya di bawah laut oleh 13 penari yang juga dive expert.

Nah, buat Anda yang hobi wisata budaya, jangan ragu untuk datang ke sini. Ayo!

0 komentar:

Post a Comment