Wednesday, March 27, 2013

7 Hal yang Harus Disiapkan Untuk Liburan 24 Jam


Jakarta - Agar traveling Anda berjalan lancar, butuh persiapan matang. Apalagi untuk melakukan perjalanan yang tak biasa, seperti liburan 24 jam. Mau tahu apa saja yang harus dipersiapkan?

Liburan 24 jam bukanlah hal yang mudah. Selain persiapan yang matang, traveler juga membutuhkan tenaga ekstra dan perencanaan itinerary yang pas. Hal ini dilakukan agar waktu perjalanan Anda tidak terbuang sia-sia. Berikut ini, Kamis (28/3/2013), detikTravel mengumpulkan 7 hal yang harus traveler siapkan untuk liburan 24 jam:

1. Tentukan itinerary

Jangan pernah pergi tanpa tujuan yang pasti! Itu akan membuat Anda bingung dan membung waktu sia-sia. Ingat, Anda hanya punya waktu 24 jam. Sebelum traveling, buat terlebih dahulu itinerary atau jadwal perjalanan Anda. Mulai dari destinasi sampai dengan kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana.

Satu hal yang penting, Anda juga harus melakukan penghitungan bujet dan waktu. Jangan sampai liburan Anda rusak karena waktu mepet atau justru terlalu boros.

2. Jangan terlalu lama di satu tempat

Kalau sudah sampai di satu destinasi, langsung lakukan apa saja yang ingin Anda perbuat. Jangan terlalu lama berada di satu tempat. Waktu terus berjalan dan usahakan Anda bisa datang ke tempat-tempat yang sudah direncanakan. Buang kegiatan yang tidak penting, misalnya hanya sekadar duduk-duduk.

3. Siapkan rencana perjalanan cadangan

Terkadang ada saja hal yang menghalangi jadwal perjalanan. Misalnya saja, destinasi yang ingin Anda datangi sedang direnovasi atau ada hal lainnya. Karena sudah mempersiapkan rencana perjalanan cadangan, Anda tetap bisa pergi tanpa harus bingung memilih destinasi.

Usahakan destinasi cadangan itu letaknya tidak terlalu jauh dari destinasi awal. Ya, supaya tidak banyak waktu terbuang hanya untuk pindah lokasi.

4. Cari destinasi yang berbeda

Perhatikan baik-baik saat memilih destinasi untuk liburan 24 jam Anda. Jangan sampai antara destinasi yang satu dengan lainnya menawarkan kegiatan dan panorama yang sama. Itu akan sangat membosankan. Setiap daerah punya banyak destinasi menarik.

5. Cari informasi sebanyak mungkin

Punya banyak informasi sangat penting untuk traveler. Dengan begitu Anda akan mengetahui apa saja mengenai destinasi tujuan.

Namun, jangan cepat percaya pada satu sumber. Banyak cara untuk mendapatkan informasi, mulai dari website perjalanan, buku pariwisata, sampai bertanya dengan teman yang sudah pernah liburan di destinasi tujuan Anda. Dijamin liburan 24 jam Anda akan berjalanan lancar.

6. Siapkan kesehatan tubuh

Liburan 24 jam merupakan gaya traveling singkat yang membutuhkan tenaga ekstra. Tentunya, Anda harus mempersiapkan ketahanan fisik dengan baik. Jangan sampai baru setengah perjalanan, Anda sudah merasa lelah dan tidak sanggup melanjutkan perjalanan.

Untuk ketahanan fisik, sebelum traveling Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi. Anda juga harus menjaga pola makan. Saat traveling, bawa minum khusunya air putih yang cukup.

7. Pilih waktu yang tepat

Pemilihan waktu untuk traveling sangat penting dilakukan. Cara ini agar waktu liburan Anda tidak terganggu dengan hal-hal lain. Selesaikan semua urusan, misalnya pekerjaan atau tugas kuliah sebelum traveling. Sehingga Anda bisa jalan-jalan dengan pikiran dan hati yang tenang.

Karena ini liburan 24 jam, usahakan Anda tidak pergi pada hari Minggu. Ya, karena keesokannya Anda harus kembali beraktivitas. Sabtu bisa jadi waktu yang sangat pas karena keesokannya bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat.

0 komentar:

Post a Comment