Monday, March 18, 2013

6 Tips Wisata Kuliner di Bukittinggi


Bukittinggi - Selain ingin menikmati udara dingin, tujuan wisatawan yang liburan di Bukittinggi adalah untuk berwisata kuliner. Agar perburuan makanan Anda lancar, sebaiknya ikuti 6 tips berikut.

Berada di atas perbukitan, Kota Bukittinggi jadi salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi pelancong. Udara sejuk yang dimilikinya, membuat banyak turis betah berlama-lama menghabiskan liburan di sana.

Belum lagi aneka kuliner yang ditawarkan banyak rumah makan di Bukittinggi. Ragam makanan khas Sumbar jadi menu andalannya, sebut saja sate Padang dan aneka gulai. Yummy!

Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatian sebelum wisata kuliner di kota ini. Dihimpun detikTravel, Selasa (19/3/2013) inilah 6 tips agar wisata kuliner di Bukittinggi terasa menyenangkan:

1. Pastikan Anda kuat makanan pedas

Hal pertama yang paling penting diperhatikan turis pemburu wisata kuliner di Bukittinggi adalah tahan pedas. Seperti yang diketahui, seluruh makanan yang ada di Sumbar terkenal kaya akan cabai.

Jadi, jika Anda tidak kuat pedas, sebaiknya pilihlah jenis makanan mana yang akan disantap. Hindari melahap terlalu banyak makanan pedas karena bisa membuat pencernaan Anda terganggu.

2. Hindari makanan bersantan jika memiliki penyakit jantung atau kolesterol

Selain pedas, makanan Padang di Bukittinggi juga mengandung banyak santan. Hampir seluruh olahan kulinernya terbuat dari santan, seperti aneka gulai.

Ini jelas kurang baik bagi orang yang menderita penyakit jantung dan kolesterol. Tidak bisa mengontrol makanan hanya memperburuk kondisi tubuh Anda. Tentu tidak enak bukan wisata kuliner yang berujung sakit? Sebagai gantinya, pilih saja ikan atau ayam bakar.

3. Tak hanya makanan, perhatikan juga minuman

Jangan salah, kuliner yang mengandung santan tak hanya makanan, tapi juga minuman. Beberapa di antaranya adalah es tebak. Minuman ini mirip dengan es campur dan tentu saja menggunakan santan kental.

Tak hanya itu, minuman lain yang juga mengandung kolesterol adalah teh talua. Bayangkan betapa legitnya teh yang dicampur dengan telur mentah, kemudian ditaburi serbuk kayu manis. Tapi ingat, selezat apapun minuman ini, Anda yang memiliki penyakit gangguan kolesterol harus menahan hasrat ingin terus meminumnya.

4. Tidak mau kena macet, jalan kaki saja

Kota Bukittinggi adalah salah satu kota yang ramai dikunjungi turis, terutama saat liburan tiba. Sama seperti kota besar lainnya, Bukittinggi pun tak terhindar dari macet.

Jika sudah terburu lapar dan tak sabar ingin mencicipi kuliner di Bukittinggi, jalan kaki saja. Anda pun bisa lebih cepat sampai lokasi makan.

5. Nasi kapau dengan bermacam pilihan ada di Pasar Lereng

Salah satu kuliner khas yang cukup terkenal di Bukittinggi adalah nasi kapau. Ada banyak kios nasi kapau tersedia di sini. Tapi yang paling terkenal adalah nasi kapau Pasar Lereng.

Di sini, Anda bisa melihat ada banyak kios nasi kapau yang berjejer rapi. Namanya disesuaikan dengan nama sang pemilik, seperti Nasi Kapau Uni Lis. Jangan ditanya soal rasa, seluruhnya memiliki rasanya yang dijamin lamak bana!

6. Wisata kuliner asyiknya malam hari

Jika ingin berwisata kuliner sambil menikmati suasana Bukittinggi, berburulah pada malam hari. Anda bisa memilih menyantap makan malam di rumah makan dekat Jam Gadang.

Saat itu, akan ada banyak orang yang keluar dan bermain di pelataran Jam Gadang. Baik wisatawan atau pun warga lokal melebur jadi satu. Sambil makan, nikmati udara dingin di Bukittinggi sambil memandangi keseruan aktivitas warga malam hari.

0 komentar:

Post a Comment