Monday, March 18, 2013

Lagi Asyik Main Kayak, Malah Dihampiri Hiu!


Wellington - Berhati-hatilah saat berwisata main kayak di lepas pantai Wellington, Selandia Baru. Seorang pria yang sedang bermain kayak tiba-tiba dihampiri oleh hiu sepanjang 1,8 meter. Celakanya, itu adalah hiu yang mematikan!

Selain berenang atau menyelam, bermain kayak di laut adalah kegiatan menyenangkan. Lautan biru jernih nan luas dapat Anda jelajahi sambil mendayung perahu kecil tersebut. Tapi, kalau bertemu hiu saat lagi kayak, bagaimana ya rasanya?

Anthony Murray sedang bermain kayak di Dermaga Days Bay, Lower Hutt, Wellington pada hari Sabtu (16/3). Dia mendayung kayaknya hingga sekitar 500 meter ke lautan lepas. Saat itulah dirinya melihat sesuatu yang besar di sekitar kayaknya, yaitu seekor hiu.

"Saya ketakutan. Saya bahkan tidak berharap untuk melihatnya," kata Anthony Murray seperti dilansir News Australia, Selasa (19/3/2013).

Murray menambahkan, hiu itu memiliki panjang sekitar 1,5 sampai 1,8 meter. Meskipun sering memancing di sekitar tempat tersebut tiap pekan, tapi baru pertama kali dirinya melihat hiu di sana.

"Dia berguling dan berenang di bawah saya, dengan kepala di permukaan ketika dia muncul di sisi berlawanan dari kayak. Saya mengganggap, dia sedang berusaha melihat saya dengan baik," ungkap Murray.

Murray lalu memotret hiu tersebut. Dari fotonya, terlihat badan hiu yang berwarna abu-abu dengan ukuran yang panjang dan besar. Siripnya yang khas terlihat jelas. Hiii!

"Saya tidak tahu itu jenis hiu apa, tapi setelah beberapa saat saya tidak terancam karena dia sudah pergi," lanjut Murray menjelaskan.

Beruntunglah Murray! Sebabnya, hiu itu rupanya adalah blue shark. Hal ini disebutkan oleh temannya setelah melihat foto hiu tersebut. Menurut Discovery Channel, blue shark adalah salah satu dari 10 hiu paling mematikan di dunia.

Pada bulan Januari, blue shark ditemukan oleh dua nelayan di lepas pantai selatan Wellington. Spesialis pengamat hiu dari National Institute of Water and Atmospheric (NIWA), Malcolm Francis mengatakan, biasanya blue shark jarang terlihat di perairan Selandia Baru. Hal ini dikarenakan para hiu tidak terbiasa untuk menjelajahi perairan yang berada di dekat pantai.

"Mereka (blue shark) sudah dikenal menyerang orang walaupun tidak sering terjadi. Mereka hanya ingin tahu dan juga cukup gigih menyerang jika ada makanan," ungkap Malcolm Francis.

0 komentar:

Post a Comment