Thursday, January 10, 2013

Wow! Ada Pulau Muncul di Lepas Pantai Jerman


Jerman - Sebuah pulau mendadak muncul di laut utara Jerman. Pulau berukuran 25 kali lapangan bola ini sudah ditumbuhi 49 spesies tanaman dan disinggahi beragam spesies burung. Wisatawan juga sudah mulai berdatangan!

Dari Mail Online yang dikutip detikTravel, Jumat (11/1/2013), pulau alami ini terbentuk dari pasir mulai beberapa tahun lalu. Ini tergolong mendadak untuk ukuran kemunculan sebuah daratan. Jaraknya 27 km dari pesisir Schleswig-Holstein, sebelah utara Jerman, tepatnya di wilayah yang biasa disebut Wattenmeer. Ini adalah kawasan taman nasional bahari.

Para pecinta alam dan nelayan setempat telah menyadari keberadaan Bird Island. Ya, begitulah pulau ini dinamakan karena banyaknya spesies burung yang singgah di sana. Burung-burung laut ini istirahat, bersarang, dan mencari makanan di sela-sela pasirnya. Pulau ini berpermukaan 4 mdpl saja.

49 Spesies tumbuhan muncul dari biji-bijian yang tertiup angin. Tapi, akar tumbuhan ini tidak menancap jauh ke dalam pasir.

"Sebuah badai besar bisa saja menghilangkan pulau ini tanpa jejak, dalam semalam," tutur Martin Stock, ahli biologi dari National Park Management yang menaungi Wattenmeer.

Ini adalah pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir, sebuah daratan muncul di lepas pantai Jerman. Eits, jangan salah, walaupun belum lama ditemukan, sekumpulan turis sudah singgah di sana minggu lalu. Mereka diberi peraturan ketat untuk menjauh dari burung camar, elang, dan beberapa spesies burung yang singgah di situ. Penasaran?

0 komentar:

Post a Comment