Thursday, January 10, 2013

8 Air Terjun di Bogor untuk Basah-basahan Seru


Bogor - Basah-basahan tak melulu harus di water park. Sesekali Anda harus mencoba asyiknya bermain di air terjun. Tak perlu jauh-jauh, sebab Bogor punya 8 air terjun yang cantik. Mau basah-basahan seru, ke Bogor saja!

Selain bisa tetap bermain air, air terjun juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda. Di sini, Anda bisa basah-basahan sambil menikmati alam yang asri. Tak usah bingung atau takut dengan jarak yang jauh, sebab Bogor, Jawa Barat punya banyak air terjun yang cantik. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (10/1/2013) ini dia 8 air terjun untuk basah-basahan seru di Bogor:

1. Curug Cigamea

Deburan air sudah begitu terasa begitu memasuki kawasan Curug Cigamea. Air terjun yang berada di Desa Gunungsari, Pamijahan, Bogor ini memang dikenal dengan debit airnya yang lumayan deras. Asyiknya lagi, curug ini punya 2 air terjun dengan pemandangan yang berbeda.

Curug yang pertama mengalir dari tebing yang sangat curam. Didominasi dengan batuan berwarna hitam, airnya tumpah tidak begitu deras. Berbeda dengan air terjun di sebelahnya yang lebih bersahabat. Tidak begitu tinggi dan punya air yang deras.

Bagi yang punya nyali besar, Anda bisa mendaki tebing untuk sampai di puncak air terjun. Dari atas, cari posisi pendaratan yang pas, kemudian melompatlah. Byur! Itulah cara yang seru saat liburan di Curug Cigamea.

2. Curug Ngumpet

Ngumpet yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti bersembunyi ternyata dijadikan sebagai sebuah nama untuk air terjun. Dinamai seperti itu, mungkin karena curug ini seakan malu-malu menampakkan keindahannya. Maklum, Curug Ngumpet berada di antara tebing-tebing yang tinggi.

Letaknya berada di kawasan Gunung Salak, tepatnya di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Bogor, tapi akses menuju Curug Ngumpet terbilang mudah.

Untuk bisa masuk ke kawasan Curug Ngumpet, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000. Setelah itu, Anda harus berjalan sejauh sekitar 100 meter untuk bisa tiba di air terjun. Dari loket, deburan air terjun sudah terdengar jelas. Kesegarannya yang bersembunyi juga sudah mulai terasa. Sebentar lagi, Anda pasti bisa menemukan Curug Ngumpet ini.

Suara gemuruh air sudah terdengar makin jelas, itu tandanya Anda sudah berada dekat dengan air terjun. Air di sini bisa dibilang cukup deras sepanjang tahun. Mungkin karena Curug Ngumpet dialiri oleh air dari mata air.

Sayang sekali kesegaran ini hanya dinikmati dengan duduk dan berfoto-foto saja. Lekas buka pakaian dan simpan barang Anda untuk bisa menceburkan diri di kolam yang dingin ini. Airnya jernih dan segar. Anda pasti betah berlama-lama di kolam jika bisa menahan dingin.

3. Curug Pangeran

Jika sudah ke Curug Ngumpet, rugi kalau tidak mampir ke Curug Pangeran. Kedua kawasan air terjun ini memang berdekatan. Apa lagi, air terjun ini lebih sepi daripada Curug Ngumpet. Liburan ke sini, berasa punya air terjun sendiri bak pangeran di kerajaan.

Walaupun begitu, fasilitas seperti tempat parkir kendaraan dan toilet sudah tersedia di sini. Sayangnya, untuk masuk ke area air terjun, jalannya cukup jauh, sekitar 500 meter. Jalan setapak berbatu harus Anda lewati. Perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan, sebab di sepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Hawa sejuk pegunungan juga akan menemani perjalanan Anda.

Bebatuan demi bebatuan telah teratasi, Anda pun akan sampai di Curug Pangeran. Suara air terjun yang menenangkan sudah pasti bisa langsung Anda dengar. Begitu juga dengan pemandangan indah yang tersaji di sini, benar-benar menyegarkan mata. Dari kejauhan, air di sini terlihat seperti air di kolam renang.

Warnanya bening, tanpa ada sampah dan kotoran lain yang bisa mengganggu pemandangan. Tunggu apa lagi? Langsung ceburkan badan Anda!

4. Curug Cilember

kalau Curug Pangeran punya air terjun sepi dan Curug Cugamea punya dua air terjun, maka Curug Cilember punya 7 tingkat air terjun. Lokasinya berada 20 km dari Kota Bogor ke arah Puncak. Lebih tepatnya berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sini, wisatawan dapat menikmati udara segar yang diiringi merdunya gemericik air. Sesampainya di lokasi, Anda langsung disambut oleh jalan setapak yang begitu asri dengan pepohonan hutan lindung yang lebat. Jalan terus ke depan, Anda akan bertemu dengan kios-kios pedagang dan taman kupu-kupu yang ternyata masih bagian dari wisata Curug Cilember.

Airnya cukup deras saat musim hujan. Hempasan air dari puncak tebing sesekali akan membasahi tubuh Anda ketika berdiri di tepian kolam di bawahnya. Oleh karena memiliki 7 tingkat yang tidak terlalu tinggi, air terjun di Curug Cilember tidak terlalu deras. Cocok untuk lokasi bermain air.

5. Curug Nangka

Curug Nangka adalah salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Bogor. Air terjun ini sudah sangat populer di telinga traveler. Adanya di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Air terjun yang berada pada ketinggian 750 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Maka tak heran banyak wisatawan yang jatuh hati kepadanya. Tapi sayangnya, air terjun ini sudah terlihat agak kotor, akibat sampah yang ditinggalkan para wisatawan.

Walaupun begitu, air terjun ini tetap saja punya pesona. Airnya seakan tak pernah habis mengalirkan kesegaran. Tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan indah air terjun adalah di atas batu besar yang ada di kolamnya. Batu-batu tersebut bisa menjadi tempat Anda bersantai sambil menikmati hempasan airnya dari atas.

6. Curug Luhur

Selanjutnya ada Curug Luhur yang masih berada di kaki Gunung Salak. Keunggulannya, air terjun ini punya tebing yang cukup tinggi, yaitu sekitar 50 meter. Maka dari itu, air terjun ini diberi nama Curug Luhur atau Air Terjun Tinggi.

Curug Luhur memiliki dua air terjun yang letaknya sejajar. Konon, dulu curug ini hanya punya satu air terjun saja. Tapi kemudian, oleh masyarakat setempat, dibuatlah cabang sungai baru agar air yang keluar dari puncak tebing tidak hanya satu. Hasilnya, saat ini Curug Luhur punya dua air terjun yang cantik.

7. Curug Seribu

Selanjutnya ada lagi air terjun di kawasan Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Namanya Curug Seribu, air terjun ini juga tidak kalah pamor dengan Curug Nangka dan Curug Luhur. Konon, nama Curug Seribu diambil karena saat perjalanan menuju air terjun utama, Anda akan bertemu dengan banyak air terjun kecil di sepanjang jalan.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Airnya cukup deras, walaupun debitnya tidak terlalu besar. Alamnya masih sangat asri, mengingat akses untuk menuju curug yang satu ini tidaklah mudah.

Selain air terjun yang sangat segar, Curug Seribu juga punya pesona lain. Adalah monyet-monyet liar yang akan menyambut Anda di sini. Ingat, jangan keluarkan bekal makanan Anda jika tidak ingin dicuri oleh kawanan monyet di sini.

8. Curug Bidadari

Kalau rata-rata air terjun di Bogor dikelola seadanya, tunggu setelah Anda coba mengunjungi Curug Bidadari. Air terjun yang berada di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat ini sudah dikelola dengan cukup baik.

Alamnya yang asri dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup. Lapangan parkir, kamar mandi, dan kolam yang tepat berada di bawah air terjun sudah ada di sini. Fasilitas lain seperti payung besar untuk bersantai bak di pantai pun ada di sini. Kalau sudah begini, tak perlu ragu mengajak keluarga untuk berlibur di tempat wisata air terjun.

Selain air yang mengalir deras dari atas tebing, pesona yang paling menarik wisatawan adalah kolam renangnya. Walaupun tidak terlalu dalam, kolam ini asyik untuk Anda dan keluarga bermain air bersama. Selain itu, areanya pun cukup luas, jadi tak perlu berdesakkan saat banyak traveler lain datang berkunjung ke Curug Bidadari.

0 komentar:

Post a Comment