Thursday, January 10, 2013

Ada Ikan Sakti di Sumatera Barat


Padang - Selain Jam Gadang dan Istana Baso Pagaruyung, ada satu objek wisata lagi yang wajib dikunjungi saat ke Sumbar, yaitu Ikan Sakti. Konon, siapa saja yang memakannya akan tertimpa musibah.

Ikan Sakti adalah objek wisata yang ada di daerah Sungai Janiah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ini adalah sekelompok ikan yang berada di dalam kolam besar berair jernih.

Tidak seperti kolam ikan lain yang pernah Anda temui, kolam ikan sakti tampak bersih terawat, layaknya kolam renang. Anda tidak akan melihat sampah di sana. Hanya ada sekelompok ikan dengan ukuran besar, hingga 2 meter. Wow!

Uniknya, meski tampak besar, tak ada satu pun orang atau penduduk sekitar yang berani memakannya.

"Takut tertimpa musibah," kata salah satu warga setempat, Herman kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Konon, ikan-ikan ini dipercaya berasal dari manusia dan jin. Inilah yang membuat para ikan disebut ikan sakti. Karena itulah, tak ada orang yang berani mencoba memakan.

Entah benar atau tidak, yang jelas saat ini Anda bisa melihat segerombol ikan besar di dalam kolam cantik berlatar perbukitan. Jangan takut untuk mendekat, karena semua ikan ini jinak.

Ada banyak warung dipinggiran kolam yang menjual makanan untuk ikan. Uniknya, ikan ini diberi makan kerang matang, sama seperti manusia.

detikTravel pun mencoba memberi makan ikan ini. Benar-benar unik, kalau biasanya ikan langsung pergi begitu didekati manusia, tidak dengan ikan sakti.

Ikan sakti malah mendekat bergerombol begitu didatangi pengunjung. Letakkan kerang ke tangan, dan berikan ke gerombolan ikan sakti.

Karena bersahabat, banyak anak dari penduduk sekitar yang asyik berenang dan bermain bersama ikan layaknya teman. Tempat wisata ini semakin menarik karena dikelilingi perbukitan hijau dan berselimutkan udara dingin. Nyaman sekali!

Tertarik datang? Ikan sakti berada di kawasan Sungai Janiah, Kabupaten Agam. Setiap turis yang datang dipungut biaya masuk Rp 2.000. Murah!

0 komentar:

Post a Comment