Thursday, January 10, 2013

Ini Dia 5 Bangunan Khas Melayu di Tanah Borneo


detikTravel Community - 

Ternyata, Tanah Borneo dulu menjadi tempat beberapa kesultanan Melayu menetap. Hingga kini, terdapat peninggalan-peninggalan kesultanan di beberapa daerah, khususnya di Kalimantan Barat. Ini dia 5 bangunan khas Melayu yang indah di Tanah Borneo.

Dari beberapa bangunan khas Melayu yang masih ada sampai sekarang di Kalimantan Barat, saya sudah mengunjungi 5 di antaranya. adalah Keraton Kadriah Pontianak, Istana Melayu Pontianak, Keraton Alwatzhikoebillah, Keraton Panembahan, dan Keraton Al Mukarramah yang dengan ramah menjamu saya.

Bangunan yang terlihat masih sangat indah, terawat dengan cukup baik. Umumnya di setiap kompleks keraton atau istana, terdapat bangunan Masjid Jami', kecuali di Keraton Panembahan Ketapang.

Peninggalan keraton-keraton tersebut terdapat di pinggiran Kota Pontianak, salah satunya ada di Kota Sambas yang bisa ditempuh selama 5 jam perjalanan dari Pontianak. Kemudian ada juga di Kota Sintang yang berjarak 8 jam perjalanan dari Pontianak dan Kota Ketapang yang memakan waktu 40 menit dengan pesawat dari Pontianak. Semua itu menjadi jejak-jejak sejarah bagi kita.

0 komentar:

Post a Comment