Monday, January 21, 2013

Wisatawan Wajib Coba! Mie Ongklok, Ramen Ala Jawa


detikTravel Community - 

Liburan ke Yogyakarta belum lengkap tanpa mencicipi Mie Ongklok. Meski berasal dari Wonosobo, ramen ala Jawa ini jadi salah satu kuliner khas yang wajib masuk dalam agenda traveling Anda. Sekali mencicip, dijamin ketagihan.

Salah satu kedai yang menjual mie ongklok adalah Mie Ongklok Wonosobo Japuto. Meski berasal dari Wonosobo, kedai ini berada di Jalan Magelang, km 82, DI Yogyakarta. Saya pun berkesempatan mampir ke sana beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, mampir ke kedai mie ongklok tidak masuk dalam agenda. Namun, berhubung saya sering melalui jalan ini, dan kedai selalu tampak ramai, saya pun ingin mencoba sekali-kali. Rasa penasaran begitu menyelimuti hati ini, rasa apa yang tersembunyi di balik semangkok Mie Ongklok Wonosobo.

Sebenarnya, yang membuat menarik adalah desain yang digunakan. Kedai ini menggunakan ornamen yang bergaya Jepang. Bukan cuma itu, si penjual juga menghias kedai dengan aneka warna. Ditambah kedai yang bersih, membuat kedai mie ongklok begitu menarik dibanding yang lain.

Melihat dari baliho yang ada di kedai, pikiran saya langsung melayang ke bentuk mie ongklok yang mungkin mirip dengan mie ayam. Namun, setelah mencoba ternyata berbeda. Mungkin ini dinamakan "Jangan melihat sesuatu dari kulitnya".

Mie Ongklok Wonosobo ini berisi mie kuning + kol + daun kucai. Kuahnya seperti terbuat dari tepung kanji, dan sedikit beraroma udang. Sebagai penghias, taburan kacang yang di giling kasar dan taburan bawang goreng diberikan di atas mie.

Kuliner ini adalah suguhan yang tidak terlalu panas. Untuk menikmati pun tidak perlu menunggu lama. Asyiknya, mie ongklok dinikmati dengan segelas jeruk hangat. Yummy!

 

0 komentar:

Post a Comment