Monday, January 21, 2013

Candi Dermo, yang Tersisa dari Majapahit di Jawa Timur


detikTravel Community - 

Masa-masa kejayaan Majapahit masih bisa terlihat jelas hingga saat ini. Salah satunya dengan traveling ke Candi Dermo di Sidoarjo, Jawa Timur. Bangunan khas kerajaan Hindu-Buddha ini masih berdiri megah hingga sekarang.

Majapahit merupakan kerajaan beraliran Hindu-Buddha yang pernah berjaya di Indonesia. Bukti kebesaran kerajaan ini hingga kini masih bisa kita saksikan. Beberapa situsnya tersebar di kota-kota di Jawa Timur. Sepertinya yang satu ini, Candi Dermo di Desa Candi Negoro, Wonoayu, Sidoarjo.

Bangunannya masih terawat dengan cukup baik. Tembok-tembok candi masih berdiri megah. Hingga saat ini, Candi Dermo masih dikenal sebagai objek wisata yang menarik.

Menurut para ahli purbakala, dulu Trowulan, Mojokerto menjadi pusat Kerajaan Majapahit. Maka tidak heran jika kota di sekitarnya banyak ditemukan situs-situs purbakala. Namun beberapa situs purbakala peninggalan kerajaan ini juga pernah ditemukan di luar Trowulan. Tepatnya berada di beberapa daerah lain di Kota Mojokerto, sebagian lagi berada di Kota Sidoarjo, yakni Candi Dermo, Wonoayu dan Candi Pari, Porong.

0 komentar:

Post a Comment