Thursday, January 3, 2013

Target Belanja Anda 2013: Pasar-pasar Terbaik di Asia Tenggara


Jakarta - Tak perlu ke Eropa, di kawasan Asia Tenggara banyak pasar untuk surga belanja. Berbagai macam pernak-pernik PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvYmVya3VsaXQtc2F3by1tYXRhbmctYWduaS1wcmF0aXN0aGEtbWVyYXNhLXRhbWJhaC1jYW50aWsuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5jYW50aWs8L2E+, pakaian-pakaian, hingga perhiasan bisa Anda dapatkan. Selain Chatuchak di Bangkok, ini 4 pasar murah meriah lainnya!

Asyiknya lagi, banyak pasar-pasar di Asia Tenggara dengan harga barang-barang yang murah. Meski murah, kualitasnya pun tidak kalah. Selain itu, di pasar-pasar setiap negaranya, Anda juga bisa mencicipi aneka kuliner yang khas. Siap-siap merogoh kocek dalam-dalam untuk memborong barang belanjaan!

Dari situs manversusworld yang dikunjungi detikTravel, Kamis (3/1/2013), berikut pasar-pasar terbaik di Asia Tenggara untuk target belanja Anda di tahun 2013:

1. Chatuchak Weekend Market, Thailand

Traveling ke Thailand, wajib datang ke Chatuchak Weekend Market di Bangkok, Thailand. Pasar ini sangat terkenal di kalangan traveler dunia. Chatuchak adalah pasar murah meriah di Bangkok!

Ada sekitar 10.000 kios yang dapat Anda temui di Chatuchak. Di setiap kiosnya, Anda dapat menemukan berbagai macam barang-barang yang menggiurkan, seperti kaos yang bertuliskan Thailand, suvenir berupa gantungan kunci, patung-patung, aksesoris berupa gelang dan kalung, sampai makanan halal. Jangan lupa mencoba tom yam-nya yang lezat.

Ingat, siapkan uang tunai saat berbelanja di pasar ini. Sebab, para penjualnya tidak menerima pembayaran dengan PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMTEva2FydHUtdWNhcGFuLXNlbGFtYXQtaWR1bC1hZGhhLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+a2FydHU8L2E+ kredit. Selain itu, pasar ini hanya buka saat weekend atau hanya buka tiap hari Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00 waktu setempat. Pasar ini dekat dengan stasiun MRT Kamphaeng Phet. Siapkan jurus tawar-menawar jitu dan stamina ekstra, sebab pasar ini memiliki luas 11 hektar!

2. Chiang Mai Night Bazaar, Thailand

Masih di Thailand, selain Chatuchak, Anda wajib datang ke Chiang Mai Night Bazzar di Chiang Mai, Thailand. Pasar ini terletak di pusat kota di tepi Sungai Ping. Pasar ini pun menjadi surganya para backpacker yang sedang melancong ke Negeri Gajah Putih.

Pasar ini juga punya banyak kios dan pedagang yang menggelar barang dagangannya di pinggir jalan. Selain beragam aksesoris, Anda bisa menemukan kain sutra, perhiasan dan alat elektronik seperti TV, CD dan DVD player ada di sini. Berbagai macam makanan ala Thailand dan Asia pun bisa Anda cicipi di sini.

Dari pusat kota Chiang Mai, Anda dapat menyewa tuk tuk seharga 20 Baht (sekitar Rp 6.500) untuk datang ke pasar ini. Tentukan pilihan, karena banyak barang-barang bagus yang bisa Anda temukan.

3. Luang Prabang Night Market, Laos

Siapa bilang Laos tidak mempunyai pasar murah meriah dan terkenal? Datanglah ke Luang Prabang Night Market, di Luang Prabang, Laos. Pasar ini terletak di Jalan Sisavangvong, dekat dengan Royal Palace Museum. Luang Prabang Night Market buka mulai pukul 17.00-22.00 waktu setempat.

Saat malam, beberapa kilometer jalan tersebut ditutup dan dijadikan arena pasar. Terdapat lebih dari 300 penjual barang-barang kerajinan di sana. Barang-barang kerajinan tersebut seperti keramik indah, barang antik, lukisan, kopi dan teh, selPGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDMvdmlkZW8tcG9ybm8tZGVhLWltdXQuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5pbXV0PC9hPg==, sepatu, perak, hingga tas.

Pasar ini terkenal dengan keramahan para pedagang. Meski hanya sedikit yang bisa berbahasa Inggris, mereka akan membantu Anda untuk menentukan pilihan. Tawar menawar menjadi hal yang biasa di sini. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi beragam kuliner di sana untuk mengisi perut Anda.

4. China Town, Malaysia

Jika sedang melancong ke Kuala Lumpur, Malaysia, mampirlah ke China Town. Inilah pusat belanja barang KW alias imitasi. Aneka barang dari mulai tas branded hingga jam Rolex KW bertebaran di sini. detikTravel pernah ke tempat ini beberapa waktu lalu.

Kawasan China Town ini berada di Jalan Petaling. Harga-harga di sini pun sangat miring, misalnya tas-tas branded seperti Channel hingga Louis Vuitton hanya dibanderol dengan harga 40 RM atau setara Rp 120 ribu hingga 100 RM atau setara Rp 300 ribu. Jam-jam Rolex palsu pun dijual seharga 80 RM atau setara Rp 250 ribu.

Ratusan pedagang kaki lima selalu memenuhi Jalan Petaling. Anda bisa melihat-lihat terlebih dulu untuk menentukan pilihan. Beraneka restoran pun akan menggoda Anda. Kawasan ini memang surga belanja di Kuala Lumpur.

5. Angkor Night Market, Kamboja

Berbicara tentang Kamboja, pasti tak jauh-jauh dari Angkor Wat yang merupakan candi paling terkenal dan menjadi landmark Kamboja. Selain itu, rupanya di kawasan candi tersebut terdapat beberapa pasar tradisional yang terkenal murah meriah. Salah satunya adalah Angkor Night Market di Siem Reap, Kamboja.

Pasar hanya buka malam hari dan terletak di Kota Siem Reap, atau hanya sepuluh menit berjalan kaki dari Siem Reap Old Market. Pasar malam ini menjual beragam cinderamata khas Kamboja, rempah-rempah, bahan makanan segar, dan juga perabot rumah tangga. Pasar ini pun bersahabat bagi para backpacker lho!

Selain berbelanja, jangan lupa berbaur dengan traveler dari berbagai dunia dan warga lokal. Ada banyak bar dan restoran di sekitar kawasan ini.


0 komentar:

Post a Comment