Thursday, January 17, 2013

Kena Banjir Saat Traveling, Lakukan 5 Tips Ini


Jakarta - Saat sedang asyik-asyiknya di suatu destinasi, tiba-tiba hujan deras dan banjir menghadang. Duh, bisa-bisa traveling Anda jadi berantakan. Tapi tenang saja, 5 tips ini akan membantu Anda di kala terjebak banjir saat traveling.

Memang, cuaca adalah salah satu kendala yang tak terduga saat traveling. Dari panas sampai hujan, cuaca dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis Anda. Apalagi jika banjir menghadang saat traveling, seperti yang terjadi di Jakarta saat ini.

Disusun detikTravel, Jumat (18/1/2013), berikut 5 tips untuk menghadapi banjir saat traveling:

1. Jangan panik

Hal yang paling utama saat Anda terjebak banjir saat traveling adalah jangan panik. Tetaplah bersikap tenang dan ikutilah instruksi yang diberikan petugas keamanan atau tim SAR setempat. Perhatikan langkah Anda dan pastikan tas Anda tidak kecemplung banjir. Selain itu, carilah tempat yang lebih tinggi untuk mengamankan diri.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Jangan hanya mengeluh atau malah diam saat banjir merecoki kegiatan traveling Anda. Yang harus dilakukan, carilah informasi sebanyak-banyaknya terhadap banjir tersebut. Anda bisa browsing lewat gadget atau bertanya pada petugas hotel, SAR dan polisi setempat, mengenai akses yang lumpuh, titik-titik yang aman dari banjir, serta sampai kapan berlangsungnya banjir tersebut.

Dengan mencari banyak informasi, Anda dapat mengatur ulang itinerary perjalanan. Anda pun bisa memiliki banyak pilihan, mau melanjutkan perjalanan dengan menginap terlebih dulu, atau membatalkan perjalanan karena cuaca yang sangat tidak bersahabat.

3. Amankan barang bawaan

Saat luapan air menyapu kaki Anda, jangan senang dulu untuk bermain air. Selamatkan dengan segera gadget-gadget yang Anda bawa, seperti handphone, laptop, atau pun kamera. Masukan barang-barang tersebut ke dalam kantung waterproof, agar tidak rusak terkena air.

Jika Anda tidak membawa waterproof, bungkus gadget-gagdet Anda dengan pakaian. Lalu, simpanlah di bagian dalam tas dan jangan di dekat pinggirannya, sebab bisa saja tas Anda rembes oleh air.

4. Seharian di hotel, kenapa tidak?

Jika Anda baru bangun pagi di hotel lalu melihat banjir dari jendela kamar, jangan panik. Ambillah sisi positifnya, yaitu Anda dapat menikmati waktu di kamar hotel dengan lebih lama.

Isilah waktu dengan kegiatan yang berguna. Tetaplah mencari informasi terkini soal banjir melalui program-program televisi di kamar hotel. Seduh juga teh hangat atau kopi untuk menghangatkan badan. Jika bosan menonton TV, Anda bisa membuka laptop untuk memindahkan foto-foto ke dari kamera atau membuat cerita perjalanan kemarin. Tidak ada salahnya bukan?

5. Keluarkan obat

Curah hujan tinggi hingga menyebabkan banjir akan sangat berpengaruh pada kondisi fisik Anda. Ada baiknya Anda langsung menenggak obat-obatan pribadi untuk menjaga kondisi tubuh.

Beberapa obat-obatan penting untuk meredakan flu, termasuk juga jamu sachet untuk anti masuk angin, minyak kayu putih untuk menghangatkan badan. Meski banyak yang menggangap sepele, tapi Anda tentu tidak mau pulang ke rumah dalam keadaan sakit.

6. Beri kabar kepada keluarga

Saat Anda terjebak banjir yang diserati hujan deras, jangan lupa memberi kabar kepada kelaurga di rumah. Beritahukan bahwa Anda terjebak banjir dan di mana tempat Anda berada sekarang.

Hal ini akan membuat orang tua atau pasangan Anda di rumah tenang dan tidak panik mencari Anda. Selain itu, mereka dapat memberikan informasi juga tentang detil banjir di tempat Anda dengan melihat di TV atau media lainnya.

Itulah 6 tips yang harus diingat saat Anda terjebak banjir di kala traveling. Jaga kesehatan dan terus berhati-hati selama perjalanan ya!

0 komentar:

Post a Comment