Sunday, January 6, 2013

Isu Fedofilia Beres, Forum Travel Lonely Planet Dibuka Lagi


London - Situs traveling Lonely Planet akhirnya membuka kembali forum diskusi traveling mereka. Forum diskusi ini sempat ditutup selama 2 minggu karena postingan yang diduga bertema fedofilia.

Forum diskusi The Thorn Tree, salah satu forum diskusi traveling paling tua di internet, akhirnya bisa diakses para user kembali. Namun, tema Asia Tenggara tidak dimasukan dalam pilihan tema bahasan. Asia Tenggara ini diduga bagian dari diskusi yang bermasalah itu.

Saat penutupan forum, sumber mengatakan para petinggi BBC panik karena ada postingan dalam forum terkait masalah fedofilia. Forum diskusi ditutup pada puncak liburan Natal yang menyebabkan banyak pengguna situs Lonely Planet marah, karena mereka membutuhkan informasi dari forum tersebut.

Pengelola situs hanya mengatakan, "Ini bukan waktu yang tepat untuk menutupnya, dan kami meminta maaf untuk segala ketidaknyamanan yang terjadi." Demikian kata mereka dilansir The Sydney Morning Herald, Senin (7/1/2013).

Saat dibuka kembali, pengelola situs kini menyediakan panduan baru, tombol pelaporan untuk temuan pelanggaran aturan. Hal itu mencakup, "merencanakan kegiatan ilegal, akan dihapus dari forum dan user bersangkutan akan dilarang ikut serta dalam forum."

Tidak dijelaskan secara resmi alasan penutupan forum diskusi itu. Mereka hanya bilang ada beberapa posting yang membuat ketidaknyamanan. Salah satu pendiri Lonely Planet, Tony Wheeler mengatakan semestinya BBC menjelaskan saja alasan sesungguhnya di balik penutupan forum itu beberapa waktu lalu.

0 komentar:

Post a Comment