Thursday, January 31, 2013

Istana Raja Malaysia, Mewah Banget!


Kuala Lumpur - Istana raja sebagai simbol kekuasaan, pasti dibangun dengan sangat megah. Istana Negara Malaysia di Kuala Lumpur pun berdiri gagah dengan kubah emas yang berkilauan di atas bukit.

Setelah mengelilingi daerah Putrajaya, pemenang Gowes Keliling Malaysia diajak keliling Kuala Lumpur untuk melihat-lihat tempat bersejarah. Salah satunya Istana Negara di Jalan Duta, Kuala Lumpur

Istana berkubah mas ini adalah istana baru menggantikan istana lama yang berada di Jalan Istana. Karena alasan dan pertimbangan tertentu pemerintah Malaysia memutuskan untuk memindahkan istana lama tersebut ke istana yang baru. Sementara istana lama dijadikan Museum Diraja.

Resminya, istana yang dibangun di atas tanah seluas 241,3 hektar ini baru digunakan pada tanggal 15 November 2011. Pemindahan dilakukan dengan cara simbolik dengan memindahkan bendera pribadi Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong. detikTravel dan pemenang Gowes Keliling Malaysia, mampir ke tempat ini pada Sabtu (26/1/2013).

Istana negara adalah tempat tinggal resmi Yang Dipertuan Agong. Saat ini kekuasaan kerajaan dipegang oleh Tuanku Abdul Halim dari Negeri Kedah. Di Malaysia ada 9 Sultan yang digilir setiap 5 tahun sekali. Keunikan bentuk bangunan yang luas dan megah menjadikan Istana Negara ini sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi para turis mancanegara.

Memiliki 4 pintu masuk. Setiap pintu punya peranan yang berbeda-beda. Istana ini diperuntukan untuk menjamu para tamu-tamu kehormatan atau dari negara-negara sahabat.

Di pintu gerbang istana negara ada 4 penjaga yang berasal dari 2 Rejimen Askar Melayu Diraja serta 2 Korps Artileri DiRaja atau prajurit berkuda.

Beruntungnya, pemenang Gowes Keliling Malaysia berada di Istana Negara, bertepatan dengan jam pertukaran atau ganti shift penjagaan istana. Proses pergantian dilakukan dengan ritual upacara kecil. Pergantian Rejimen Askar Melayu dilakukan setiap 2 jam sekali, sementara pasukan berkuda dilakukan setiap 1 jam sekali.

Wisatawan dilarang masuk ke dalam komplek Istana Negara. Tapi pengunjung dengan bebas bisa berfoto dengan para penjaga istana.

0 komentar:

Post a Comment