Thursday, January 31, 2013

Ini Dia Alasan Maitara Ada di Uang Rp 1.000


Jakarta - Dalam uang pecahan Rp 1.000 terlihat gambar pulau nan indah beserta sebuah perahu. Tak sedikit wisatawan yang melancong karena rasa penasaran. Namun, apa alasan sebenarnya dipilih pulau itu untuk berada di uang pecahan Rp 1.000?

"Ini saya jelaskan kenapa Maitara dipilih. Bangsa portugis pertama kali menginjakkan kaki di Maitara," kata Gubernur Maluku Utara, Thaib Armayin dalam jumpa pers 'Semalam di Jailolo', bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Tidak hanya itu, lanjut Thaib, masih ada lagi yang membuat Pulau Maitara dipilih, yaitu karena pulau ini menjadi batas dua kesultanan Ternate Tidore ada di sana.

"Maitara juga punya kebun cengkeh tertua di dunia ada di sana," tambah Thaib.

Terlepas dari itu semua, Pulau Maitara memang begitu cantik. Pulau ini memiliki pantai yang bagus, air lautnya pun biru bersih. Wisatawan juga tak akan melihat banyak sampah plastik, karena pencemaran tidak banyak terjadi di pulau ini.

Maitara berada tepat di antara Pulau Ternate dan Tidore. Karena berada begitu dekat dari dua pulau yang mengapitnya, turis yang datang bisa melihat pulau cukup dari Ternate saja atau Tidore saja.

0 komentar:

Post a Comment