Thursday, January 31, 2013

Siap-siap! Festival Teluk Jailolo 2013 Akan Digelar


Jakarta - Untuk kelima kalinya, Festival Teluk Jailolo akan digelar di Halmahera Barat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini festival akan diadakan pada malam hari. Sejumlah acara menarik seperti pesta makan adat pun bisa turis saksikan.

"Festival tahun ini fokus ke budaya adat istiadat," kata Bupati Halmahera Barat, Namto Hui Roba, dalam jumpa pers 'Semalam di Jailolo' di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Rencananya, festival ini akan menjadi pembuka 'Visit Halmahera Year 2013'. Berbeda dari tahun sebelumnya yang diadakan pada siang hari, Festival Teluk Jailolo yang akan digelar 16-18 Mei 2013 ini diadakan pada malam hari. Sejumlah acara berbeda pun siap disajikan untuk memperkenalkan kebudayaan Halmahera Barat, seperti 'Sasadu on the Sea'.

"Kalau biasanya siang, tahun ini akan diadakan malam hari. Akan ada Sasadu on The Sea," kata Bupati.

Sasadu on The Sea adalah pentas seni yang akan diadakan di Laut Jailolo. Tak hanya itu, keunikan tradisi pesta makan adat Horom Sasadu juga akan digelar. Ini adalah pesta rakyat yang digelar setelah mendapat panen.

"Lama pesta tergantung hasil panen, bisa 9 hari 9 malam, 7 hari 7 malam, bisa juga 1 hari 1 malam," jelas Namto.

Pesta Horom Sasadu biasanya rutin diadakan di dalam rumah adat Jailolo. Uniknya, semua peserta Horom Sasadu tidak tidur dan tidak mengantuk selama pesta.

"Walau mereka minum tuak, mereka tidak akan mabuk, mereka juga tidak tidur selama pesta, unik kan?" tambah Namto.

Sebagai sosialisasi Festival Teluk Jailolo, launching festival pun digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf malam ini dengan mengambil tema 'Semalam di Jailolo'. Berbagai acara hiburan pun ditampilkan, termasuk mini show 'Sasadu on The Sea'.

Setelah menggelar 'Semalam di Jailolo', pertunjukkan seni dan musik daerah Halmahera Barat untuk mempromosikan Festival Teluk Jailolo juga akan digelar di Jakarta. Rencananya, promosi ini akan digelar di Car Free Day pada hari Minggu (3/2/2013).

0 komentar:

Post a Comment