Wednesday, January 16, 2013

Beli Tiket? Tahun 2013, Zamannya Booking Online!


Jakarta - Bukan zamannya lagi beli tiket pesawat langsung di bandara atau agen perjalanan. Meluasnya jaringan internet di Indonesia menjadikan booking online menjadi tren traveling 2013. Tak hanya penerbangan, tapi juga hotel dan paket wisata.

Meluasnya jaringan internet dan berkembangnya teknologi memudahkan banyak hal, termasuk urusan traveling. Di zaman serba digital ini, traveler bisa lebih mudah melakukan perjalanan. Salah satu caranya adalah dengan booking online.

Di seluruh dunia, situs booking online sudah cukup menjamur. Beberapa situs yang biasa diakses traveler Indonesia adalah Wego dan Agoda. Managing Director Wego Indonesia, Graham Hills, adalah salah satu pelaku industri wisata yang memprediksi maraknya booking online pada 2013.

"Dibandingkan dengan 2011, jumlah pengguna Wego Indonesia bertumbuh lebih dari 100% pada 2012," tutur Graham dalam perbincangan dengan detikTravel, Kamis (17/1/2013).

Bertambahnya pengguna situs booking online ini menjadi salah satu alat ukur tren booking online di Indonesia. Desember tahun lalu, lanjut Graham, pengguna situs Wego dari luar Kota Jakarta tercatat meningkat dari 48% menjadi 56%. Artinya, situs booking online ini mulai diminati traveler asal kota-kota lain di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Sekarang, situs-situs booking online menyuguhkan pencarian seputar penerbangan, hotel, paket wisata, rental, sampai deals. Wisatawan tak perlu lagi repot mencari ke tiap situs maskapai atau hotel bersangkutan. Di situs booking online, semuanya terdata.

Pelancong tak hanya mendapat daftar harga dan ketersediaan kamar hotel atau kursi pesawat. Pada pencarian hotel, ada kolom review yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda menginap. Situs Wego misalnya, juga bisa membantu traveler mencari harga paling miring dari hotel atau penerbangan.

"Wego itu sedikit berbeda dengan website lain. Kami tidak menjual, tapi lebih membantu orang untuk mencari harga hotel atau tiket pesawat," tutur Graham kepada detikTravel dalam kesempatan berbeda.

Situs booking online akan menghubungkan traveler langsung dengan situs maskapai. Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Mandala Airlines adalah beberapa maskapai yang bisa dipilih. Untuk kamar hotel, situs booking online biasanya bekerjasama dengan beberapa situs seperti Agoda dan Rajakamar.com.

"Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Kelas menengah akan terus tumbuh dan akan lebih banyak orang yang membelanjakan uang untuk jalan-jalan. Kelas menengah inilah yang semakin percaya diri dan nyaman melakukan booking online," tutur Graham.

Nah, bagi traveler yang belum pernah mencoba booking online, inilah waktu yang tepat. Selain mudah, agenda booking jadi lebih cepat dan nyaman. Anda pun bisa merencanakan perjalanan dengan lebih rinci dan leluasa.

0 komentar:

Post a Comment