Thursday, January 17, 2013

5 Waktu untuk Beli Tiket Pesawat Murah Tahun 2013


Jakarta - Mahalnya tiket pesawat memang menjadi salah satu kendala saat ingin traveling. Tapi di tahun 2013, ada 5 waktu di mana traveler bisa terbang dengan murah. Mau tahu?

Ada waktu-waktu tertentu di mana tiket pesawat akan melonjak harganya. Misalnya libur panjang di akhir pekan atau musim libur di pertengahan tahun. Tak perlu khawatir, Anda bisa tetap traveling dengan biaya yang murah. Tapi tentu saja tidak saat waktu-waktu tersebut.

Dari USA Today, Kamis (17/1/2013), ini 5 waktu yang tepat agar Anda bisa terbang dengan biaya murah:

1. Beberapa tanggal di bulan Januari

Libur Natal dan Tahun Baru sudah lewat, maka bulan Januari adalah waktu pertama untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Beberapa maskapai penerbangan sudah mematok tiket dengan harga normal. Malah ada juga yang memberikan promo tiket murah. Akhir pekan ini adalah saat yang tepat untuk traveling. Sebab di akhir pekan minggu depan, ada hari libur sehingga harga tiket pesawat bisa melonjak lagi.

Tapi, hal tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke Amerika. Sebab pada tanggal 20 Januari mendatang, tiket pesawat akan melonjak naik. Penyebabnya adalah karena adanya pelantikan presiden di Washington DC.

2. Awal Februari

Di awal bulan Februari, Anda juga bisa terbang dengan harga murah. Tak ada perayaan spesial di waktu tersebut. Kecuali, jika Anda ingin pergi ke New Orleans, Amerika Serikat. Sebab di sana bakal dihelat kejuaraan olahraga football, Super Bowl 2013.

Nah, bagi yang ingin merayakan hari Valentine, Anda juga bisa mendapatkan tiket yang murah. Sebab tanggal 14 Februari tahun ini jatuh pada hari Kamis, tiket pesawat tidak semahal di akhir pekan.

Sebisa mungkin jangan melakukan perjalanan ke negara Eropa pada akhir bulan Februari. Tiket pesawat ke beberapa negara akan mahal karena ada libur musim semi atau spring break.

3. Akhir musim semi di Eropa

Bagi Anda yang berencana untuk menikmati musim semi di Eropa, sepertinya harus sedikit bersabar. Jangan berangkat pada awal musim semi, sebab harga tiket pesawat pasti sedang tinggi. Pergilah saat musim semi akan berakhir. Pada waktu tersebut, tiket pesawat lebih stabil dan Anda pun masih bisa menikmati liburan musim semi di Eropa.

4. Hari Buruh Internasional

Untuk terbang dengan tiket murah bisa juga Anda dapatkan pada hari-hari tertentu. Misalnya tanggal 1 Mei 2013. Pada hari yang dikenal sebagai May Day ini, jutaan buruh biasanya melakukan aksi di beberapa negara besar. Saat itu, banyak orang yang enggan untuk traveling karena takut akan terjebak dalam waktu yang lama di bandara.

Jika Anda mau sedikit repot untuk menunggu di bandara, tanggal tersebut adalah waktu yang pas untuk terbang dengan tiket murah. Beberapa maskapai mungkin saja akan menurunkan tarif tiket mereka ke berbagai negara.

5. Bulan November dan Desember

Menjelang akhir tahun, tidak sedikit maskapai yang akan menaikkan harga tiket penerbangan mereka. Tapi, Anda bisa mengambil celah pada waktu-waktu tertentu di bulan November dan Desember.

Pada bulan-bulan tersebut, lakukanlah perjalanan saat sebelum atau sesudah hari libur erayaan besar. Misalnya, jika Anda ingin melakukan perjalanan ke Kanada, Liberia, Puerto Rico, dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat, sebaiknya hindari akhir bulan November. Sebab di sana ada hari libur nasional pada perayaan Thanksgiving, yaitu hari pengucapan syukur di akhir musim panen.

Hindari juga perjalanan mendekati libur Natal jika Anda tidak ingin membayar tiket pesawat dengan harga selangit. Terbanglah di minggu pertama atau kedua di bulan Desember. Sebab pada waktu-waktu tersebut, harga tiket pesawat masih stabil.

0 comments:

Post a Comment

Copyright @ Travel | Support by Blog Enthrall Store