Thursday, January 17, 2013

12 Bulan, untuk 12 Perjalanan Seru di Indonesia Tahun 2013


Jakarta - Ragam festival yang memamerkan budaya dan keelokan alam Indonesia, akan menjadi tren wisata. Bahkan sepanjang tahun 2013, ada banyak festival yang akan membuat liburan Anda semakin seru!

Siapkan buku agenda dan pulpen! Dihimpun detikTravel, Kamis, (17/1/2013), inilah 12 perjalanan seru di Indonesia tahun 2013 berdasarkan Calendar Events Kemenparekraf:

1. Januari

Awal tahun belum banyak daerah yang menggelar festival. Tapi, tidak berarti Anda batal berlibur. Di penghujung bulan ini, Kamis, 24 Januari 2013 ada libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk hari Jumat, 25 Januari 2013 biasa disebut 'hari kejepit'.

Berhubung musim penghujan masih berlangsung hingga Februari 2013, sebaiknya Anda memilih destinasi yang dekat dengan Jakarta. Misalnya, Anda memilih Kota Bandung, Yogyakarta atau tetap di Jakarta sebagai alternatif.

2. Februari

Traveler pecinta olahraga air, siapkan waktu kosong untuk 10-16 Februari 2013. Pada tanggal tersebut akan diadakan Neptune Regatta, lomba layar lintas khatulistiwa. Peserta yang berasal dari seluruh dunia akan berlayar dengan kapal yacht (red: small cruise).

"Rutenya sekitar Kepulauan Riau dan banyak lagi, untuk melintasi Garis Equator. Peserta akan start dari Batam, nanti kita akan sambut di garis finish yang juga di Batam 16 Februari nanti," kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Even, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Achyaruddin kepada detikTravel.

3. Maret

Puas melintasi garis khatulistiwa, bulan Maret saatnya Anda memacu adrenalin dalam Festival Pasola di Sumba, NTT. Anda bisa menguji keberanian dalam perang kuda bersama penduduk asli Sumba atau cukup jadi penonton saja. Fesatival ini akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan saat berlibur. Cobalah serunya berperang dari atas kuda Sandelwood di tengah padang savana Sumba.

4. April

Bulan April, saatnya masyarakat Ternate di Maluku Utara berpesta merayakan ulang tahun Sultan Ternate dalam Festival Legu Gam. Tak ada salahnya bila Anda berbaur dalam pesta rakyat Ternate ini. Wisatawan dan masayarakat Ternate akan berkumpul di Kedaton atau lapangan Ngaro Lamo. Berbagai pertujukan seni dan budaya, eskpedisi selam Legu Gam, lomba perahu, dan lainnya, siap memeriahkan pesta ulang tahun Sultan Ternate. Seru!

5. Mei

Belum selesai Maluku Utara memberikan sajian spesial untuk wisatawan. Dilansir dari situs Festival Teluk Jailolo 2013, festival budaya tahunan di Halmahera Barat ini akan berlangsung pada tanggal 16-18 Mei 2013. Beraneka macam lomba dan kegiatan seru, seperti menyelam, dayung, tari tradisional, dan masih banyak lainnya yang bisa traveler nikmati. Selain itu, traveler yang datang dalam festival ini juga akan diajak menyaksikan keindahan alam dan kekayaan budaya Halmahera Barat.

6. Juni

Bersiaplah para petualang! dua perhelatan akbar, Tour de Singkarak di Sumatera Barat dan Festival Danau Sentani di Papua siap beraksi di bulan Juni. Buat Anda yang hobi bersepeda silakan datang ke Tour de Singkarak. Dalam acara sport tourism ini, traveler bisa bersepeda sekaligus menikmati alam Bukittinggi, Singkarak, Lembah Harau dan objek wisata lainnya.

Bila Anda ingin melihat dari dekat kehidupan suku-suku di Kawasan Wisata Danau Sentani, Jayapura, datanglah ke Festival Danau Sentani. Festival Danau Sentani menampilkan beragam pagelaran dan pameran budaya, tur wisata, pameran produk ekonomi, serta kuliner khas Papua.

7. Juli

Tak kalah dengan karnaval di Rio de Janeiro dan Fastnach di Koln, Jerman, Indonesia punya Jember Fashion Carnaval. Penasaran? Sebaiknya ada siapkan waktu di bulan Juli, untuk berlibur ke Jember, Jatim. Tak sedikit wisatawan mancanegara pecinta fashion berkunjung ke Jember saat karnaval sedang berlangsung. Anda bisa berbaur dengan masyarakat, turis, dan para PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvYmVyamlsYmFiLXphc2tpYS1zdW5na2FyLWphZGktbW9kZWwtZmFzaGlvbi1zaG93LWJ1c2FuYS1tdXNsaW0uaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5tb2RlbDwvYT4= yang memperagakan PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvZGFuaWVsLW1hbmFudGEtaW5naW4tb3JhbmctbWFsYXlzaWEtcGFrYWktYmFqdS1kYW1uLWktbG92ZS1pbmRvbmVzaWEuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5iYWp1PC9hPi08YSBocmVmPSJodHRwOi8vYWRpcHJhbWFuYS5jb20vMjAxMi8xMS9kYW5pZWwtbWFuYW50YS1pbmdpbi1vcmFuZy1tYWxheXNpYS1wYWthaS1iYWp1LWRhbW4taS1sb3ZlLWluZG9uZXNpYS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPmJhanU8L2E+ unik. Keren!

8. Agustus

Tak mau kalah dengan Festival Pasadena, AS, Indonesia punya Festival Bunga Internasional Tomohon di Sulawesi Utara. Festival ini bisa menjadi destinasi yang asyik saat berlibur di bulan Agustus.

Tak hanya itu, Festival Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, siap menyambut traveler yang datang ke Papua di bulan Agustus. Lembah Baliem yang memesona, terlihat meriah dengan menampilkan beragam lomba dan kerajinan Suku Dani. Pengunjung juga akan dipertontonkan berbagai pertunjukan, seperti bakar batu, lomba babi, dan masih banyak lainnya. Jadi, mau pilih ke mana?

9. September

Bulan September, saatnya Anda berlibur ke ujung barat Indonesia. Sabang International Regatta III di Sabang, Aceh, akan mewarnai liburan Anda. Sabang Regatta adalah bagian dari lomba yacht internasional dari Phuket, Thailand dan berakhir di Pulau Weh, Sabang. Dalam acara ini, traveler yang datang dari berbagai belahan dunia disuguhkan keindahan pantai-pantai di Kota Sabang dan Aceh.

10. Oktober

Sukses di tahun 2012, Festival Kintamani III dan Festival Danau Batur di Kintamani, Bali, kembali diadakan bulan Oktober tahun ini. Keindahan alam dan kehidupan di sekitar Danau Batur, menjadi nilai jual untuk wisatawan. Serunya lagi, Anda bisa melihat anjing-anjing Kintamani yang lucu. Jangan lupa, masukan dua festival ini dalam jadwal liburan Anda di bulan Oktober!

11. November

Nusa Tenggara Timur, siap menarik perhatian wisatawan di bulan November. Wisatawan yang berlibur ke NTT akan disambut dengan 3 festival seru, yaitu Festival Timoresia 2013 di Atambua, Festival Danau Kelimutu di Flores, dan Komodo Karnaval di Labuan Bajo. Ketiganya akan menyuguhkan berbagai atraksi budaya, memerkan potensi wisata NTT, dan mengenalkan lebih dekat binatang komodo kepada traveler.

12. Desember

Akhir tahun saatnya tutup buku. Tapi, traveler bisa liburan akhir tahun di destinasi pilihan. Anda bebas memilih gaya liburan yang diinginkan. Mau merayakan pergantian tahun dengan pesta, Bali dan Lombok menjadi pilihan yang tepat. Namun bila ingin suasana yang lebih tenang, Anda bisa memilih pulau yang masih sepi seperti, Pulau Samalona di Sulawesi Selatan dan Pulau Moyo di NTB.

0 komentar:

Post a Comment