Thursday, December 27, 2012

Penting! 8 Cara Dasar Packing


Jakarta - Packing jadi salah satu hal esensial dalam liburan. Namun tidak semua traveler mengetahui bagaimana packing yang efektif. Berikut 8 cara dasar packing yang bisa melancarkan acara liburan Anda.

Siapa sangka daftar barang bawaan bisa membuat acara packing Anda lebih ringkas. Atau, menggulung pakaian bisa membantu meringankan bawaan Anda. Disusun dari Huffington Post, Jumat (28/12/2012) inilah cara packing praktis:

1. Buat daftar barang bawaan

Sebelum repot dengan beragam bawaan yang harus dimasukkan ke dalam tas, alangkah baiknya jika Anda membuat daftar barang bawaan. Sebelum membongkar lemari, ambillah kertas dan pulpen serta langsung tuliskan semua barang yang ingin Anda bawa.

Setelah lengkap, Anda pun bisa packing dengan lebih tertata. Jangan lupa untuk menceklis barang-barang yang sudah dimasukkan ke dalam tas atau koper.

2. Gulung pakaian

Bagi para traveler yang ingin liburan dalam jangka panjang, gulunglah pakaian. Jangan melipatnya seperti saat menaruh di lemari. Menggulung pakaian bisa membuat tas lebih ringan dan ruang dalam tas jadi lebih luas.

3. Ketahui peraturan bagasi di maskapai pilihan Anda

Saat liburan menggunakan pesawat, perhatikan baik-baik peraturan mengenai bagasi di maskapai yang Anda pilih. Jangan sampai Anda membawa barang terlalu banyak sehingga mau tak mau harus membayar ekstra bagasi. Jangan lupa, timbang dahulu barang bawaan Anda sebelum memasukkan ke dalam bagasi.

4. Hindari terlalu banyak tas

Membawa banyak tas kecil tentu akan sangat merepotkan. Daripada membawa banyak tas dan kemungkinan tertinggal lebih besar, bawalah tas besar yang mampu menampung barang-barang Anda. Tas dipisahkan berdasarkan tas pakaian dan tas barang berharga. Usahakan membawa satu tas yang cukup besar untuk memuat semua barang berharga Anda agar perjalanan jadi lebih praktis.

5. Cuci pakaian Anda

Daripada membawa banyak pakaian, lebih baik mencuci pakaian dan menggunakannya kembali. Anda bisa mencuci pakaian saat sedang mandi atau menaruh pakaian di laundry dekat penginapan. Di banyak destinasi liburan sudah tersedia laundry yang bisa mencuci pakaian Anda dalam waktu yang cukup singkat.

6. Pilih barang yang multifungsi

Membawa barang multifungsi jauh lebih ringkas dibanding membawa barang banyak yang memiliki kegunaan berbeda-beda. Seperti contoh, membawa jaket yang bisa jadi bantal lebih baik daripada membawa jaket dan bantal. Atau, Anda juga bisa membawa celana panjang yang bisa dibuka menjadi celana pendek. Ini akan meringankan bawaan Anda juga akan mengurangi biaya bagasi di pesawat.

7. Packing dengan beraturan

Isi tas yang rapi akan memudahkan semua orang. Tidak hanya Anda tapi juga petugas keamanan bandara.

Usahakan menaruh pakaian dalam satu layer, juga sendal dan sepatu dalam satu layer, elektronik dalam satu layer dan seterusnya. Ini akan memudahkan Anda saat ingin mencari barang di tas atau koper.

8. Jangan pernah taruh barang berharga dalam bagasi

Sekeren dan seterkenal apapun maskapai yang Anda gunakan, jangan pernah menaruh barang berharga di tas atau koper yang akan jadi bagasi. Anda tak tahu apa yang bisa terjadi.

Lagipula, jika hilang dan berjanji akan digantikan oleh pihak yang bertanggung jawab, belum tentu akan kembali dengan cepat. Dompet, ponsel, dokumen seperti paspor dan gadget harus ada di dalam tas yang selalu Anda bawa.

0 komentar:

Post a Comment