Tuesday, December 18, 2012

5 Tempat Seru Rayakan Tahun Baru di Bandung


Bandung - Bandung, Jawa Barat jadi salah satu kota incaran traveler saat akhir tahun. Ada beberapa destinasi di Bandung yang ramai dikunjungi traveler untuk merayakan Tahun Baru, seperti 5 destinasi ini.

Selain lokasinya yang dekat dari Jakarta, Bandung punya banyak alternatif liburan untuk akhir tahun. Mulai dari destinasi alam, belanja, sampai kuliner ada di daerah yang berjuluk Kota Kembang ini. Anda pun bebas memilihnya sejak libur panjang Natal sampai Tahun Baru. Bahkan, kota ini juga tak luput dari kemeriahan saat malam pergantian tahun.

Dikumpulkan detikTravel, Selasa (18/12/2012) berikut 5 destinasi paling seru untuk rayakan malam Tahun Baru di Kota Bandung:

1. Kawasan Dago

Bicara soal Dago memang tidak membosankan. Jalan dengan nama asli Jalan Ir H Juanda ini membentang dari perempatan Jalan Riau sampai Terminal Dago Atas. Sambil menunggu malam pergantian tahun, Anda bisa mengisi waktu dengan berbelanja di jejeran factory outletnya.

Menjelang malam pergantian tahun, kawasan Dago biasanya diserbu traveler dari luar kota, khususnya Jakarta. Terlebih di sekitar kawasan ini banyak terdapat hotel-hotel murah.

Momen pergantian tahun pun menjadi momen untuk hotel-hotel ini menarik perhatian wisatawan dengan berbagai event perayaan Tahun Baru, seperti pesta kembang api. Traveler pun bisa menikmati indahnya warna-warni kembang api di sepanjang jalan kawasan Dago. Serunya lagi, traveler juga bisa jalan-jalan di Dago Plaza yang menjadi tempat favorit muda-mudi Bandung.

2. Alun-alun Kota Bandung

Saat malam pergantian tahun, alun-alun kota sering menjadi salah satu titik keramaian. Keadaan seperti ini juga bisa Anda temui di alun-alun Kota Bandung. Banyak warga Bandung yang menanti pergantian tahun di alun-alun kota. Tempat ini pun bisa menjadi destinasi yang Anda pilih. Biasanya, traveler dan waga Bandung tumpah ruah memadati alun-alun dengan motor atau mobil. Jaln-jalan di sekitar alu-alun, seperti Jalan Dewi Sartika, Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, Jalan Karapitan, Lengkong Besar. Lengkon Kecil, dan Burangrang akan jauh lebih ramai dari biasanya.

Tiupan terompet akan ters terdengar sampai jarum jam menunjukkan tepat pukul 00.00 WIB. Banyak pula traveler atau warga Bandung yang menyalakan kembang api.

3. Lapangan Tegalega

Lapangan Tegalega di Kota Bandung pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Setiap malamnya, pasar ini selalu ramai dengan pasar tumpah. Beberapa band ternama ibukota juga sering memilih lapangan untuk konser.

Mengutip situs Paris van Java, lapangan ini memiliki luas sekitar 16 hektar. Di lapangan ini juga terdapat monumen Bandung Lautan Api, serta sejarah panjang di balik keberadaan Lapangan Tegalega.

Tidak berbeda jauh, saat malam Tahun Baru lapangan ini juga dipenuhi warga Bandung dan traveler. Mereka yang datang kebanyakan menggunakan sepeda motor. Biasanya di sekitar lapangan ini ada banyak tukang makanan dan minuman. Jadi, sambil menunggu pukul 00.00 WIB, Anda bisa berburu kuliner atau keliling pasar tumpah.

4. Lembang

Lembang menjadi pilihan wisatawan saat memilih destinasi alam untuk liburan akhir tahun di Bandung, selain Ciwidey. Melansir situs Wisata Lembang, Taman Hutan Raya Ir Juanda (Dago Pakar), Maribaya, Gunung Tangkuban Perahu, Sumber PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDIvYWlyLWR1a3VuLWNpbGlrLXBvbmFyaS1zdWRhaC1iZXJlZGFyLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+QWlyPC9hPg== Panas Ciater, Observatorium Bosscha, Curug Cimahi, Situ Lembang, Hutan Jaya Giri, De Ranch, Gunung Batu, dan wisata paint ball Cikole.

Udara yang sejuk, menjadikan Lembang banyak dilirik wisatawan yang ingin menikmati malam Tahun Baru di Bandung tanpa harus terjebak kemacetan jalan kota. Biasanya traveler yang datang ke daerah ini memilih menunggu pergantian tahun di villa.

Saat waktunya tiba, Lembang pun ramai dengan ledakan dan warna-warni kembang api yang berasal dari villa ataupun penginapan yang ada di sana.

5. Bukit Bintang

Tempat tinggi menjadi daerah yang paling asyik dan seru untuk menikmati malam Tahun Baru. Untuk destinasi seperti ini, Bandung punya Bukit Bintang. Setiap malam, termasuk saat malam Tahun Baru bukit ini ramai dikunjungi pelancong khususnya muda-mudi.

Dari atas Bukit Bintang, Anda bisa menikmati gemerlap dan cantiknya Kota Bandung serta taburan bintang di langit. Nah, dari atas sini Anda bisa melihat lautan kembang api yang berasal dari beberapa titik di Kota Bandung. Semuanya akan terlihat jelas dari atas sini.

Udara malam yang dingin terasa makin menjadi-jadi saat angin berhembus secara perlahan. Di sekitar destinasi ini juga banyak terdapat penjual makanan seperti jagung bakar, atau warung-warung tenda yang menjual minuman hangat.


0 komentar:

Post a Comment