Saturday, May 11, 2013

Ini Alasan Wisnus Senang Traveling di Negeri Sendiri


Jakarta - Ternyata masih banyak orang Indonesia yang memilih liburan di dalam negeri. Salah satu alasannya, tidak mau repot dalam hal bahasa. Lalu bagaimana dengan Anda?

Situs perjalanan Skyscanner telah mengeluarkan survei terbaru. Survei tersebut menanyakan pada wisatawan asal Indonesia apa rencana besar perjalanan mereka di tahun 2013.

Mayoritas responden sebesar 77% menyampaikan bahwa mereka ingin mengunjungi negara baru tahun ini, sementara separuh dari 1.000 responden berharap dapat mengunjungi kota yang berbeda di Indonesia.

Survei lain yang dilakukan baru-baru ini juga menanyakan mengapa tujuan wisata domestik sangat populer. Hasilnya, 40% responden mengaku mereka bisa belajar lebih banyak tentang negeri mereka sendiri. Sedangkan 17% responden memilih wisata lokal karena lebih terjangkau, dan 10% lainnya memilih tujuan dalam negeri karena tidak mau direpotkan dengan urusan visa perjalanan.

Alasan lain juga dikemukan penduduk Indonesia, antara lain menghindari gegar budaya atau culture shock (6%). Kemudian, sebanyak 6% responden memberikan alasan karena traveling dalam negeri tidak mneimbulkan hambatan bahasa.

Sebanyak 6% responden juga mengatakan ingin membantu ekonomi setempat. Alasan meyakini bahwa Indonesia adalah pilihan tempat wisata terbaik di dunia dan memiliki makanan paling enak di dunia juga diambil traveler. Masing-masing mendapatkan jumlah skor yang sama di antara para responden, yaitu sebesar 6%.

"Indonesia memiliki 17.000 pulau yang menunggu untuk dijelajahi. Masing-masing memiliki budaya dan cara hidup yang unik. Ini juga sangat menarik untuk melihat tingginya jumlah responden yang memilih wisata dalam negeri karena mereka ingin belajar lebih banyak tentang Indonesia," kata Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner Indonesia Tika Larasati dalam rilis kepada detikTravel, Jumat (10/5/2013).

Survei yang sama juga mengungkapkan 43% responden melakukan perjalanan untuk berwisata. Sementara 20% dari mereka melakukan perjalanan dengan tujuan pekerjaan, dan 36% dari mereka berwisata untuk kedua alasan tersebut.

Menurut polling, lebih banyak laki-laki Indonesia yang melakukan perjalanan karena pekerjaan (25%) dibandingkan dengan wanita (12%).

0 komentar:

Post a Comment